DIRJEN PENDIS : 5-10 TAHUN KE DEPAN INDONESIA JADI PUSAT STUDI ISLAM DUNIA

Dirjen Pendidikan Islam (Pendis, Kamaruddin Amin  (Foto: Kemenag)
Dirjen (Pendis, Kamaruddin Amin (Foto: )

Jakarta, 8 Rabiul Awwal 1436/30 Desember 2014 (MINA) – Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyatakan setuju dengan gagasan menjadikan Indonesia sebagai pusat studi Islam dunia,  tetapi untuk mewujudkannya  membutuhkan waktu sekitar lima sampai 10 tahun ke depan.

Menurut dia, hal itu sesungguhnya merupakan visi Ditjen Pendis dan program kerja yang disiapkan saat ini sudah mengarah ke sana.

“Itu visi Ditjen Pendis sesungguhnya dan untuk mengarah ke sana kami punya konsepnya di antaranya program 50.000 doktor, 10.000 hafidz Al-Qur`an, santri berprestasi dan sejumlah program strategis lainnya,” kata Kamaruddin dalam siaran pers Kemenag yang diterima Mi`raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Tentang target implementasinya, Kamarudin mengatakan, kurang lebih diperlukan satu atau dua RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

Sebelumnya, Koordinator Presidium KAHMI, usai bertemu , Senin (29/12), mewacanakan akan menjadikan Indonesia sebagai pusat pemikiran Islam. Bahhkan ia menegaskan, tak perlu belajar Islam di .

“Masa kita belajar Islam harus di Timur Tengah, sementara kawasan itu sendiri tidak bisa memberi, menjadi contoh yang baik, karena pertikaian, pembunuhan terjadi di sana,” kata Mahfud.

Menurut dia, Indonesia berhasil mengembangkan Islam yang lebih rasional dan moderat sehingga pemikiran Islam seharusnya bisa lebih berkembang di sini.

Terkait pernyataan itu, Kamaruddin menyebut apa yang disampaikan Mahfud MD bukan hal baru, karena Ditjen Pendis sudah merencanakannya sejak lama.

Meski demikian, Kamaruddin mengatakan, Timur Tengah masih sangat penting untuk menjadi tujuan belajar. Di samping memiliki distingsi yang dapat memperkaya khazanah keislaman Indonesia, kawasan itu juga masih menjadi simbol Islam salaf al-salih yang terlalu penting untuk diabaikan.

“Menjadikannya rujukan mutlak tidak tepat, tetapi mengabaikannya sama sekali juga tidak benar,” kata Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini.

Kamaruddin mengaku bahwa pemikiran Islam Timur Tengah juga sangat variatif, tidak selalu radikal, dan itu tergantung negaranya. Mesir misalnya, beda dengan dan juga .

“Overall, distingsi Timur Tengah adalah kekayaan materi keilmuannya. Rasanya juga naif kalau relitas sosio politik Timur Tengah yang kurang demokratis sepenuhnya dituduhkan kepada pemikiran keislamannya. Tentu faktornya sangat multidimensional,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, pengembangan pendidikan Islam juga harus mempertahankan tradisi keagamaan pada masa Sahabat dan Tabiin sebagai rujukan nilai dalam kehidupan. “Ilmu tentang hal itu penting dan Timur Tengah kuat di bidang tersebut.” (T/P010/R01)

Mi`raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0