Ditjen Pendis Gelar Festival dan Kompetisi Robotik 30-31 2016 Oktober Mendatang

Jakarta, 14 Muharram 1438/15 Oktober 2016 (MINA) – Dalam rangka mengembangkan potensi murid madrasah dalam menguasai ilmu pengetahuan-teknologi secara kreatif, inovatif dan mandiri maka Direktorat Pendidikan Madrasah, akan melaksanakan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah untuk kali kedua pada 30-31 Oktober 2016 mendatang, di Mall Of Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

“Program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis ) yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 ini, diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi,” kata Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan, dalam catatan Panduan Pelaksanaan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah, demikian keterangan pers Kemenag yang dikutip MINA, Sabtu (15/10).

Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah yang dilaksanakan secara “limited edition” ini hanya membatasi total kepesertaan 135 orang dengan penentuan prioritas peserta berdasarkan pendaftar tercepat dengan mempertimbangkan kuota per daerah (provinsi).

“Keseluruhan jenjang MI, MTs dan MA masing-masing 15 tim yaitu dengan 30 orang peserta dan pendamping 15 orang. Jadi setiap jenjang 45 orang peserta. Setiap 1 tim tersebut terdiri atas 2 orang peserta plus 1 guru pendamping,” terang Guru Besar UIN Sunan Kalijaga tersebut.

Untuk jenis kompetisi yang akan dipertandingkan adalah tingkat MI: Imagination Model Robot, ingkat MTs: Mobile Line Tracing Robot, dan tingkat MA: Mobile Challenge Robot. Pada pelaksanaan kompetisi ini, peserta dapat menggunakan robot yang telah disiapkan oleh panitia atau membawa peralatan robotik sendiri. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.