DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dengan IPB

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) pada Senin (21/1) menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor () di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Kerja sama tersebut dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, ditandatangani langsung oleh Gubernur DKI Jakarta dan Rektor IPB Arif Satria.

Dalam sambutannya, Anies mengajak IPB untuk merumuskan masalah yang sebenarnya terjadi di Jakarta, khususnya terkait dengan lingkungan hidup, ketahanan pangan, dan tata kelola pemerintahan serta bukan hanya memberikan solusi, namun juga menunjukkan masalah mendasar secara ilmiah.

“Kami berharap teman-teman di kampus itu bisa datang dengan perspektif lain, dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa kita tanyakan. Sehingga, kita akan punya cara pandang baru terhadap masalah yang ada di Jakarta,” ungkapnya.

Anies menekankan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru untuk diterapkan dalam mengentaskan masalah di Jakarta. Selama ini, dunia kampus menjadi tempat paling utama dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, termasuk di dunia pertanian dan lingkungan.

“Kita ingin dengan IPB ini kita full force. Teman-teman dari IPB lengkap, di DKI juga lengkap. Kita berharap sesudah ini kita bisa melakukan kolaborasi, lebih dari sekadar sosialisasi, konsultasi, partisipasi,” katanya.

Anies menginginkan adanya kerja bersama, mencari solusinya bersama, lalu mengerjakan sama-sama. Ia berharap dari IPB bisa hadir dengan terobosan-terobosan untuk DKI Jakarta bisa kembangkan bersama-sama.

“Tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah untuk menyinergikan potensi dan sumber daya masing-masing pihak dalam rangka pengembangan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengungkapkan bahwa kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak penandatanganan kesepakatan bersama.

“Tantangan kita masih besar, tapi kita penuh semangat, betul-betul bersemangat. Dan kita merasa di depan kita ada harapan-harapan yang insyaAllah akan menjadi kenyataan. Kerja sama ini menjadi energi tambahan,” ujarnya.

Tap lupa, Anies berpesan kepada pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan kerja sama dengan IPB.

“Sayang, universitas nomor 70 terbaik di dunia dalam urusan pertanian, tidak dimanfaatkan. Kita insyaAllah manfaatkan kesepakatan bersama sebaik-baiknya,” katanya. (R/Ayu/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.