DMI Himbau Pengurus Masjid dan Musholla Layani Para Pemudik

Jakarta, MINA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) menghimbau agar Masjid dan Musholla di jalur mudik bisa melayani para pemudik yang transit untuk beribadah maupun untuk sekedar istirahat.

Ketua PP. DMI, bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri. M. Natsir Zubaidi  mengatakan kepada pengurus Masjid dan Musholla dijalur mudik lebaran baik di Jawa maupun Sumatera agar dapat melayani para pemudik (pulang kampung) baik untuk pelayanan Ibadah maupun beristirahat.

“Pengurus masjid dapat bekerja sama dengan Instansi terkait seperti Aparat kepolisian, kementerian kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak lainnya,” kata Natsir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (31/5).

“Pengurus Masjid adalah Khadimul Masajid dan Khadimul ummah punya kewajiban untuk melayani umat baik dalam peribadatan maupun kemaslahatan umat, apalagi dalam rangka Qiyamul Ramadhan dan menyambut Iidul Fithri Hari Raya umat Islam yang sudah menjadi Hari Raya Nasional kita,”

Dia menambahkan, pengurus Masjid di jalur mudik dapat mempersiapkan tempat wudhu, toilet yang bersih secara standard dan juga keperluan minum seperti air mineral yang bisa memberikan kenyamanan bagi para pemudik yang mau transit, baik untuk beribadah maupun untuk sekedar istirahat yang biasanya membawa anak-anak dan mengajak orang tua.

“Pelayanan saudara kita yang mau mudik adalah merupakan pelayanan bagi para Muhajirin, juga melayani para musafir (orang yang dalam perjalanan) adalah merupakan kewajiban yang dilaksanakan bagi setiap individu atau jamai melalui Institusi Masjid, baik masjid dalam lingkungan SPBU, Rest area, Maupun masjid pemukiman sepanjang jalan jalur mudik baik dikawasan Jawa maupun Sumatera dan tempat lain di seluruh Indonesia,” katanya.

“Kepada pemudik diimbau agar mentaati peraturan lalu lintas dan menjaga kesehatan dan kebersihan selama perjalanan pulang ke kampung halaman seraya berdoa agar Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu memberi kelancaran dalam perjalanan sampai tempat tujuan,” tutup Natsir. (L/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.