Doa Sambut Ramadhan Sesuai Sunnah

Ramadhan merupakan bulan suci yang paling dinanti dengan banyaknya keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Karenanya, kaum Muslimin di seluruh dunia sangat antusias dalam menyambut Ramadhan.

Ada beberapa doa yang dapat dilafazkan menjelang Ramadan. Di antaranya, doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW ketika melihat hilal:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑูุŒ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู‡ูู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุจูุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅููŠู…ูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ูููŠู‚ู ู„ูู…ูŽุง ุชูุญูุจูู‘ ูˆูŽุชูŽุฑู’ุถูŽู‰ุŒ ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ูˆูŽุฑูŽุจูู‘ูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู

Artinya: โ€œAllah Mahabesar, Ya Allah tampakkan hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, serta taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.โ€ (HR ad-Darimi no 1729, hadits serupa dengan sedikit perbedaan redaksi juga diriwayatkan Ahmad dan at-Tirmidzi)

Selain doa tersebut, ulama hadits kenamaan, Imam ath-Thabarani (w 360 H) dalam Kitab ad-Duโ€™a di salah satu babnya, mengumpulkan sejumlah riwayat berisi doa-doa yang dibaca menjelang Ramadhan.

Pertama, dari โ€˜Ubadah bin ash-Shamith RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajari para sahabat doa berikut saat Ramadhan tiba:

ุฃู„ู„ู‡ู…ู‘ูŽ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู„ููŠุŒ ูˆูŽุชูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ู’ู‡ู ู…ูู†ูู‘ูŠ ู…ูุชูŽู‚ูŽุจู‘ูŽู„ู‹ุง

Artinya: โ€œYa Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadhan.โ€

Kedua, dari Abdul Aziz bin Abi Rawad, dia berkata bahwa umat Islam berdoa saat Ramadhan datang, dengan bacaan berikut:

ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู…ู‘ูŽ ุฃูŽุธูŽู„ู‘ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุญูŽุถูŽุฑูŽุŒ ููŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’ู‡ู ู„ููŠ ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ูˆูŽุชูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ู’ู‡ู ู…ูู†ู‘ููŠุŒ ุงู„ู„ู‡ู…ู‘ูŽ ุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ููŠ ุตููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ูˆูŽู‚ููŠูŽุงู…ูŽู‡ู ุตูŽุจู’ุฑู‹ุง ูˆุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุงุŒ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ูŽู†ููŠ ูููŠู’ู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽุฏู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏูŽ ูˆุงู„ู‚ููˆู‘ูŽุฉูŽ ูˆุงู„ู†ู‘ูŽุดูŽุงุทูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽุนูุฐู’ู†ููŠ ูููŠู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ุขู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ููŽุชู’ุฑูŽุฉู ูˆูŽุงู„ูƒูŽุณูŽู„ู ูˆุงู„ู†ูู‘ุนูŽุงุณู, ูˆูŽูˆูŽููู‘ู‚ู’ู†ููŠ ููŠู‡ ู„ูู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู‡ูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู

Artinya: โ€œYa Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadan. Ya Allah, anugerahilah aku kesabaran dan niat ikhlas mengharap pahala dan ridha-Mu atas puasaku dan shalat malamku. (Ya Allah), anugerahilah aku di bulan Ramadhan ini kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan semangat. (Ya Allah), lindungilah aku di bulan Ramadhan ini dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan banyaknya kantuk. (Ya Allah), berikanlah aku taufiq agar aku mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadhan ini, dan jadikanlah (pahala di malam itu) lebih baik dari seribu bulan.โ€

Ketiga, dari Abu โ€˜Utsman an-Nahdi ia menceritakan bahwa ketika Ramadhan datang, Aisyah bertanya kepada Nabi SAW, โ€œYa Rasulullah, Ramadhan telah tiba, maka apa yang harus aku ucapkan?โ€ Rasulullah menjawab, โ€œucapkanlahโ€:

ุงู„ู„ู‡ู…ู‘ูŽ ุฅู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽูููˆู‘ูŒ ุชูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู‘ููŠ

Artinya: โ€œYa Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai โ€œmaafโ€, maka maafkanlah diriku.โ€ (Sulaiman bin Ahmad Ath-Thabarani, Kitab ad-Duโ€™aa, hal 1226-1227).

Itulah beberapa doa yang dapat dibaca umat muslim dalam menyambut bulan suci Ramadhan sesuai sunnah Nabi SAW.

Semoga ibadah puasa Ramadhan kita di tahun ini menjadikan kita umat yang bertakwa, mencintai, dan dicintai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Aamiin. (A/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.