Doa Yang Dibaca Pada Malam Lailatul Qadar

LAILATUL QADAR

Oleh : , Redaktur Senior Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency)

Salah satu hal yang dicari-cari pada malam-malam Ramadhan adalah datangnya . Lailatul Qadar (), yaitu satu malam pada bulan suci Ramadhan yang lebih baik daripada seribu bulan (sekitar 83 tahun).

Hal ini mengacu pada firman Allah :

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Artinya : “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS Al-Qadr : 3).

Pada ayat ini, Allah menjelaskan keutamaan Lailatul-Qadar yang sebenarnya. Malam itu adalah suatu malam yang memancarkan cahaya hidayah yang diturunkan untuk kebahagiaan manusia. Malam itu juga sebagai peletakan batu pertama syariat Islam, sebagai agama penghabisan bagi umat manusia, yang sesuai dengan kemaslahatan mereka sepanjang zaman.

Ibadah pada malam itu mempunyai nilai tambah berupa kemuliaan dan ganjaran yang lebih baik dari ibadah seribu bulan.

Jumhur ulama menjelaskan, kemungkinan besar berdasarkan hadits-hadits, Lailatul Qadar itu akan turun pada satu malam di antara sepuluh malam yang akhir bulan Ramadhan. Terutama sekali pada malam-malam ganjil. Namun malam kepastiannya, hanya Allah yang tahu.

Jika kita membiasakan pada setiap malam sepanjang malam-malam Ramadhan dengan berbagai ibadah dan amal kebaikan, tentu akan lebih mudah untuk menetapkan Lailatul Qadar.

Lalu, doa khusus apa yang perlu dipanjatkan ke hadirat Allah pada Lailatul Qadar?

Secara khusus doa yang sangat perlu untuk dipanjatkan adalah seperti disebutkan di dalam hadits:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya : “Ya Allah. Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf,  suka memaafkan, maka maafkanlah aku”. (HR Ibnu Majah dan Ahmad dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha).

Marilah kita perbanyak doa ini pada malam-malam Ramadhan dan ditambah doa-doa kebaikan lainnya sesuai keperluan kita dan kemaslahatan umat.

Semoga kita dapat meraih Lailatul Qadar pada bulan Ramadhan ini. Aamiin. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)