Dompet Dhuafa Siap Kirim Dai ke Penjuru Dunia Lewat International Da’wah Outlook

Pembukaan International Da’wah Outlook. (Foto: Dok. Dompet Dhuafa)

Jakarta, MINA – Tim Layanan menginisiasi dan mengadakan International Da’wah Outlook untuk mempersiapkan pengiriman dai ke penjuru dunia.

Acara International Da’wah Outlook yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis-Jumat (29 – 30 Desember 2022) ini mengangkat tema “Next Level Da’wah Dompet Dhuafa After Pandemic (Tingkat Berikutnya Dakwah Dompet Dhuafa Pasca Pandemi)”.

“Dakwah kita tidak hanya saudara kita Indonesia di luar negeri melainkan untuk masyarakat dunia. Islam berkontribusi dalam peradaban pembangunan di dunia. Salah satu tantangan kita adalah bahasa di negara tersebut. Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah di lakukan oleh Dompet Dhuafa. Karena dakwah itu adalah tugas kita sebagai Khalifah di dunia,” ujar Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Juperta Panji Utama, General Manager Layanan Sosial Dompet Dhuafa mengatakan, dakwah Dompet Dhuafa memiliki misi dengan menyesuaikan budaya negara tempat pengiriman da’i serta mewakili Indonesia yang mayoritas muslim.

“Para dai yang memiliki kapasitas mumpuni direkrut melalui seleksi yang ketat. Mereka juga harus menjalani karantina untuk orientasi dan pelatihan. Orientasi dan pelatihan tersebut diadakan untuk mempersiapkan mereka berdakwah di berbagai penjuru tanah air bahkan mancanegara,” kata Juperta.

Acara ini diawali dengan peresmian Buku Da’i Traveller Dompet Dhuafa yang mengisahkan kumpulan kisah perjalanan para Dai Ambassador selama penugasan di 16 negara berbeda sejak 2013 hingga 2019.

Acara dilanjutkan dengan sesi 1 dialog interaktif dengan tema Peran Dai sebagai Ambassador Indonesia di Luar Negeri. Kemudian di lanjut dengan yang ke 2 Dialog Interaktif dengan tema “Mengembangkan Program Dakwah Indonesia di Luar Negeri”.

Pada Kamis (29/12) malam juga ada pemilihan Presidium Dai Ambassador Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) dan ditutup dengan Forum Group Discussion (FDG) usulan program Dakwah Internasional Dompet Dhuafa.

Totok Hadi, Head of International Da’wah Dompet Dhuafa, berharap dengan adanya International Da’wah Outlook, selain menjadi laporan program, juga menjadi semangat awal dalam membangun kebaikan di dunia.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial.

Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (R/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.