DPD PDIP DKI Tolak Kehadiran Timnas Israel

Jakarta, MINA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan () DKI Jakarta menolak kehadiran  ikut berlaga dalam helatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Diketahui, Indonesia adalah tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2023.

Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ady Wijaya menyatakan, bahwa membiarkan Timnas Israel ikut serta dalam gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia sangat bertentangan dengan peran politik luar negeri bebas aktif yang dipegang teguh Indonesia, terutama, kata dia dalam menentang kolonialisme/imperialisme.

Sesuai dengan nilai-nilai dasar pokok-pokok pikiran yang termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, dengan jiwa dan semangat kelahirannya pada 1 Juni 1945, negara Kesatuan Republik Indonesia, telah melaksanakan peran politik bebas aktif dalan kancah internasional,” kata Ady dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (23/3).

Ady menjelaskan, sikap tegas Indonesia yang menentang praktek-praktek kolonialisme/imperialisme didasari atas niat untuk melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selain itu, lanjut Ady sejarah Indonesia dalam memainkan peran politik luar negeri yang bebas aktif, dapat dilihat dengan jelas yakni dengan meniadakan hubungan diplomatik pada negara yangmelakukan praktek kolonialisme dan imperialisme, seperti Israel.

“Sehubungan dengan keikutsertaan Timnas Israel pada perhelatan sepakbola Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan di empat provinsi diIndonesia, maka DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta menolak keikutsertaan timnas sepakbola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Jakarta,” kata Ady.

Tak hanya itu, Ady menyampaikan bahwa DPD PDIP Jakarta juga mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menolak kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

“Menghimbau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Kementrian Pemuda dan Olahraga, PSSI dan semua pihak yang terlibat dan berkaitan dengan penyelenggaraan perhelatan Piala Dunia U-20 yang menekankan untuk Menolak kehadiran Timnas Israel,” kata dia. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)