DPP Badan Kordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) Periode 2017-2022

Kepengurusan DPP Bakomubin Periode 2017-2022

 

Jakarta, 22 Jumadil Akhir 1438/20 Februari 2017 (MINA) – Setelah melewati proses yang panjang, Majelis Syuro Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (Bakomubin) berhasil menetapkan dan mengukuhkan kepengurusan DPP Bakomubin periode 2017-2022 dengan Prof. Dr. Deddy Ismatullah, SH, MHum, sebagai Ketua Umum.

Pendiri Organisasi Bakomubin dan juga pimpinan pondok pesantren Lembah Arafah Cisarua Bogor, KH Anwar Sanusi mengatakan penetapan dilakukan di Pondok Pesantren Darunnajah Ulu Jami Jakarta Selatan pada 18 Februari 2017.

” Sebelumnya pada Munas II Bakomubin yang dilaksanakan 16 sampai 18 Desember di Hotel Grand Cemara,  ditetapkan  sembilan orang sebagai Majelis Syuro. Yaitu  KH Anwar Sanusi, KH Ridwan Lubis, KH Tatang Natsir,  KH Mahrus Amin, KH Bukhori Muslim, KH Iswadi Idris,  KH Khairani Idris,  KH Dr TGB. M. Zainul Majdi, dan KH Dr. Ali Mocthar Ngabalin,” kata Anwar dalam Keterangan Pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Baca Juga:  ICMI Kota Bekasi Kolaborasi Wujudkan Indonesia Emas

Dalam proses Musyawarah Majelis Syuro muncul 2 nama calon Ketua Umum yakni K.H Tatang Natsir dan Dr. Ali Mocthar Ngabalin.

“Majelis Syuro membuat syarat yang disampaikan secara resmi dan tertulis bahwa Ketua  Umum dan Sekjend DPP Bakomubin tidak boleh terlibat langsung sebagai pengurus  Partai Politik,” terang Anwar.

“Agar focus dan independen dalam menjalankan fungsinya memberikan Taushiyah Kebangsaan kepada Ummat dan Umaro,” ujar Anwar

Syarat tersebut mengakibatkan Dr. Ali Mocthar gugur sebagai kandidat Ketua umum karena masih ingin berkarier di partai politik.

Akhirnya Sidang Majelis Syuro memberi amanah kepada Prof Dr.Deddy Ismatullah SH.Mhum, Rektor UIN Bandung 2011-2015 yang juga merupakan wakil ketua komisi hukum dan perundang undangan MUI Pusat sebagai ketua Umum dan H. Abdurrahman Tardjo SH,  mantan anggota DPR dan mantan Ketum BKPRMI Pusat,  mantan ketua PII Kota Tasikmalaya sebagai Sekjend DPP Bakomubin.

Baca Juga:  Presiden Setujui Pemekaran Tiga Kabupaten di Lampung

Sidang Majelis Syuro juga memberi  amanah kepada  KH Machrus Amin, pimpinan pondok Pesantren Daarun Najah sebagai ketua Majelis Syuro  dan ketua Mustasyar  KH  Ridwan Lubis, mantan ketua umum PB Alwashliyah.

Dalam struktur kepengurusan juga di pilih 15 anggota pleno DPP Bakomubin yang merupakan tokoh tokoh Ummat yg kompeten di bidangnya masing masing

Sementara Prof Deddy mengatakan pentingnya kerja berjamaah dalam menjalankan Roda  organisasi dakwah.

“Bakomubin harus kembali berkiprah bersama Umat dan Umaro di 20 tahun kebangkitannya, salah satu program terdekat Muballigh Bela Negara kerjasama dengan Kementerian Pertahanan RI dan Kaderisasi Sejuta Muballigh serta Gerakan Muballigh Peduli Kemanusiaan serta pemberdayaan ekonomi Umat,” kata Prof Deddy yang juga merupakan Dewan Pakar ICMI Jawa Barat.

Baca Juga:  Aksi Bela Palestina Terkumpul Donasi Rp60 Juta

Prof Dedy yang juga  Guru Besar ilmu Hukum Tata Negara UIN SGD Bandung mengatakan dalam sambutannya bahwa ketika acara Pengukuhan DPP Bakomubin, seorang hamba Allah menyampaikan komitmennya wakaf tanah 125 hektar ke Bakomubin, Insya Allah di kelola sebaik baiknya untuk kepentingan Umat. (L/R03/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: