DPR: MTsN dan MAN Kini Jadi Sekolah Unggulan

Makassar, 21 Syawwal 1437/25 Juli 2016 (MINA) – Tim Komisi VIII mengunjungi dua sekolah di Makassar, Sulawesi Selatan, dan melakukan dialog dengan para guru.

Terungkap bahwa sekolah yang berbasis agama tidak kalah berprestasi dengan sekolah umum lainnya, bahkan dua sekolah yang disambangi, yaitu MTsN Model dan MAN Model Makassar adalah sekolah unggulan yang meraih banyak prestasi.

Pendidikan madrasah dan tsanawiyah di Makasar sangat diminati masyarakat, tapi masih banyak fasilitas yang perlu ditambah seperti ruang kelas dan lab. Untuk saat ini kapasitas yang ada masih sangat terbatas.

Dari 2.500 siswa-siswi yang mendaftar hanya 400 yang bisa diterima, karena minimnya kapasitas ruang kelas, demikian keterangan pers DPR yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Sekarang tsanawiyah dan madrasah mulai banyak peminatnya, tapi kemampuan anggaran membuat Kementerian Agama mewujudkannya secara bertahap. Hal ini juga menjadi tugas DPR RI untuk mendesak agar bisa direalisasikan,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Deding Ishak saat kunspek mengunjungi MTsN Model dan MAN Model Makasar, Sabtu (23/7).

Lebih lanjut Deding menekankan, supaya bisa terealisasi, maka Komisi VIII DPR harus melakukan rapat dengan Kementerian Agama agar mengalokasikan dan menaikkan anggaran di bagian Dirjen Pendidikan Agama Islam.

Hal ini akan dilakukan pada masa persidangan yang akan datang. Dana pemerintah terbatas, sehingga tidak semua MTsN dan MAN mendapat alokasi dana sehingga harus dilihat dari kebutuhanya.

“Pada RAPBN 2017 ini, alokasi anggaran untuk pendidikan agama Islam kita usahakan untuk dinaikkan. Walau pemerintah hari ini mengurangi anggaran di semua kementerian dan lembaga, untuk anggaran pendidikan kita upayakan untuk tetap dinaikan,” ujar Deding.

Hal yang sama dikatakan anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Samsu Niang, menurutnya sekolah MTsN dan MAN ini harus sama fasilitasnya dengan sekolah negeri umum lainnya, agar dapat menjadi sekolah unggulan terbaik. (T/R05/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.