Dua Wartawan Kantor Berita Reuters Dibebaskan dari Penjara Myanmar

Dua wartawan Reuters melambaikan tangan saat bebas dari penjara di Myanmar (istimewa)

Yangon, MINA – Dua wartawan Kantor Berita Reuters yang dihukum penjara akibat laporan jurnalistik investigasinya tentang pembunuhan warga , akhirnya dibebaskan dari penjara, Rabu (8/5), setelah lebih dari 500 hari berada di balik jeruji besi.

“Di seluruh dunia, orang-orang ingin membebaskan kami, ingin ada kebebasan pers di dunia, jadi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas segalanya,” kata Wa Lone saat berjalan meninggalkan penjara, seperti dikutip dari CNN, Rabu (8/5).

Kedua wartawan berkebangsaan itu, Wa Lone (31) dan Kyaw Soe Oo (29) bebas setelah mendapatkan amnesti dari Presiden Myanmar, Win Myintber bersama 6.520 tahanan lainnya.

Juru bicara pemerintah Myanmar Zaw Htay mengatakan keputusan untuk membebaskan kedua jurnalis tersebut dilakukan setelah keluarga menyurati pemimpin pemerintah Aung San Suu Kyi.

“Kami mempertimbangkan surat itu dan membebaskannya untuk kepentingan negara,” kata Zaw Htay kepada wartawan.

Sebelumnya, mereka dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara pada September tahun lalu, setelah dinyatakan bersalah melanggar Undang-Undang Rahasia Negara, karena diduga menyebarkan informasi rahasia yang sensitif terhadap keamanan nasional.

Keduanya ditangkap pada Desember 2017, karena telah melakukan peliputan investigasi dengan melakukan penyelidikan atas pembunuhan 10 pria dan anak laki-laki Muslim Rohingya oleh pasukan keamanan dan warga sipil Buddha di Negara Bagian Rakhine Myanmar barat selama penumpasan tentara yang dimulai pada Agustus 2017.

Laporan Wa Lone dan Kyaw Soe Oo yang menyajikan kesaksian dari para pelaku, saksi dan keluarga para korban tersebut, juga telah  mendapatkan penghargaan Pulitzer, penghargaan tertinggi dalam dunia pers, untuk pelaporan internasional.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Reuters Stephen Adler menggambarkan kedua pria tersebut sebagai reporter yang berani dan simbol pentingnya kebebasan pers di seluruh dunia.

“Kami sangat senang bahwa Myanmar telah membebaskan reporter pemberani kami, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Sejak penangkapan mereka 511 hari yang lalu, mereka telah menjadi simbol pentingnya kebebasan pers di seluruh dunia. Kami menyambut kembalinya mereka,” kata Adler.

Dalam sebuah pernyataan, pengacara kedua wartawan tersebut, Amal Clooney menyatakan kekagumannya atas keadilan sebagai wartawan yang diterima oleh Wa Lone dan Kyaw Soe Oo.

“Sejak menangani kasus ini lebih dari setahun yang lalu, saya telah menyaksikan tekad yang luar biasa oleh Reuters, khususnya pemimpin redaksi Steve Adler dan Kepala Penasihat Gail Gove, dalam usaha mereka atas kasus ini,” kata Clooney.

“Menginspirasi melihat kantor berita yang begitu berkomitmen untuk melindungi wartawannya yang tak bersalah dan melindungi profesi jurnalistik,” tambahnya. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.