Dubes Inggris untuk Saudi Tunaikan Ibadah Haji

Makkah, 13 Dzulhijjah 1437/15 September 2016 (MINA) – Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi Simon Collis beserta isterinya Huda Al-Majarkech baru saja menunaikan ibadah haji.

Collis menjadi duta besar Inggris pertama yang melakukan haji, Inews edisi Rabu (14/9) melaporkan, yang diberitakan MINA (Mi’raj Islamic News Agency).

Diplomat itu bersama isterinya mengunggah foto dengan pakaian ihram hajinya di akun twitter-nya.

Collis menjadi dubes di Riyadh, ibukota kerajaan Arab, sejak 2015.

Dia juga termasuk masih mualaf, belum lama ini dari Kristen memeluk agama Islam, setelah selama sekitar 30 tahun sebagai diplomat di beberapa negara di Timur Tengah. Ia dipercaya karena kecakapan diplomasi dan bahasa Arabnya yang baik.

Baca Juga:  Jamaah Haji Gunakan Smartcard untuk Akses Armuzna

Di antaranya ia pernah menjadi Dubes Inggris untuk Qatar, Suriah, Irak, Yaman, EUA, India dan terakhir Arab Saudi. Sebelumnya, ia juga pernah dikirim sebagai utusan pemerintah Inggris ke Bahrain, Tunisia, India dan Yordania.

Ia kemudian menikah dengan Muslimah asal Suriah, Huda Al-Majarkech.

Dubes Simon Collis di jejaring sosial mengatakan bahwa ia telah masuk Islam “setelah menghabiskan 30 tahun dalam masyarakat Muslim”.

Berbagai komentar ucapan dan doa selamat diunggah di akun Twitter berbahasa Arab, “Duta besar Inggris pertama di Saudi yang menunaikan ibadah haji, setelah memeluk Islam: Simon Collis beserta isterinya.” (T/P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)