Dubes Zuhair: Hubungan Indonesia dan Palestina Berada di Puncak

Foto:tangkap layar

Jakarta, MINA – Duta Besar Zuhair Al-Shun mengatakan, Palestina mendapatkan banyak kemudahan dari  Indonesia.

Ia menggambarkan, hubungan bilateral kedua negara sedang berada puncak. Salah satu kemudahan adalah dua produk Palestina yaitu kurma dan minyak zaitun bebas biaya bea cukai masuk ke Indonesia.

“Dan juga banyak kategori, banyak produk yang telah dibahas dan diterima oleh pemerintah Anda,” ujar Zuhair saat melakukan wawancara eksklusif dengan Tim MINA secara virtual di Jakarta, Senin (24/5).

“Untuk persetujuan, insya Allah segera akan ditandatangani semua jenis produk dari Palestina masuk ke Indonesia,” tambahnya.

Selain di bidang perdagangan, Palestina dan Indonesia juga memperkuat hubungan di bidang pertanian dan pendidikan, pariwisata, keamanan, kesehatan dan juga masalah politik.

Di forum-forum internasional, Indonesia juga terus menyuarakan dukungan kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

Direktur Timur Tengah, Direktorat Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Bagus Hendraning Kobarsyih, menegaskan, dukungan Indonesia bagi Palestina merupakan amanat konstitusi.

“Dukungan Palestina memang lebih kepada menjalankan amanat konstitusi dan mendukung dekolonisasi,” kata Bagus dalam Seminar Nasional “Membaca Masa Depan Palestina: Tinjauan Sejarah, Politik, dan Hak Asasi Manusia” yang berlangsung secara virtual dipantau di Yogyakarta, Sabtu (22/5). (L/RE1-P1)

Mi’raj News Agency (MINA)