Eksklusif: Rincian Kunjungan Keluarga Mursi di Penjara Bulan Lalu

Abdullah, putra Presiden sebelumnya Muhamad , telah mengungkapkan bahwa keluarganya bertemu dengan Mursi pada 19 September di dalam sel penjaranya di dalam pusat tahanan di Penjara Pusat Turrah. Dia juga menunjukkan bahwa tim keamanan yang terdiri dari tiga petugas menghadiri kunjungan bersama keluarga.

Dalam sebuah pernyataan eksklusif kepada Arabi 21, Abdullah mengatakan, kunjungan itu tidak berlangsung lebih dari 25 menit, dengan catatan bahwa ibunya Najlaa, istri Mursi, putrinya Shaymaa dan dua putranya yang lain, Ahmad dan Omar juga ikut dalam kunjungan itu. Tidak ada pengacaranya yang hadir.

Kali ini tidak seperti sebelumnya ketika agen keamanan menghalangi anak-anaknya yang laki-laki untuk tidak mengunjungi dan hanya mengizinkan istrinya, putrinya dan pengacaranya, Abd Al-Mun’im Abd Al-Maqsud, untuk hadir.

Abdullah juga mengatakan bahwa ayahnya menegaskan keteguhan sikapnya dan menolak militer 3 Juli 2013. Menurut Abdullah, Mursi mengatakan, tidak akan pernah mundur dari sikap nasionalnya tidak peduli berapa banyak tekanan yang dia hadapi atau berapa banyak penawaran yang ditawarkan kepadanya. Dia mengatakan dia akan tetap teguh di penjara tanpa mundur atau menyerah.

Abdullah melanjutkan, Mursi mengatakan kepada kita secara harfiah bahwa ia akan mengorbankan hidupnya untuk revolusi Januari untuk menghormati kehendak rakyat Mesir dan demi Allah, bahkan jika ini harus mengorbankan hidupnya Allah berikan padanya.

Ketika ditanya apakah ada tekanan atau negosiasi dengan dia untuk memaksanya mundur dari jabatannya dan menerima inisiatif untuk mengakhiri krisis, Abdullah menambahkan, ayahnya tidak berbicara kepada kami secara terus terang tentang apakah dia sedang mengalami tekanan atau dipaksa untuk mundur. Bahkan, dia tidak perlu mengatakan ini secara eksplisit, karena semua orang tahu keadaan di mana dia ditahan. Dia hidup dalam kondisi yang sangat keras. Jadi, jawaban atas pertanyaan itu terletak pada apa yang sedang dialami Presiden sebelumnya di seluruh dunia.

Abdullah juga menjelaskan bahwa Mursi berusaha semampunya, dan dalam beberapa menit tersedia selama kunjungan, untuk mendengarkan anggota keluarganya dan diyakinkan tentang kesejahteraan mereka dan mendengar dari mereka di atas semua tentang kondisi dan hak-hak dari orang-orang Mesir dan tentang kondisi kehidupan warga negara.

Abdullah menegaskan bahwa ayahnya akan tetap teguh sampai dia bertemu Tuhan untuk menyelamatkan revolusi dan keuntungannya, yang membuat orang berkorban, dan inti dari ini adalah kehendak rakyat untuk memilih presiden sipil pertama yang dipilih secara demokratis.

Dia melanjutkan, Mursi tidak akan bergerak sedikit pun dari garis kebenaran untuk mematuhi legitimasi, bukan demi individu atau partai atau kelompok. Namun karena menghormati rakyat dan pilihan mereka, dan tidak akan mengecewakan orang Mesir dalam pengalaman demokrasi pertama yang pernah dikenal oleh negara dalam sejarah modernnya. Oleh karena itu, dia belum mengakui, dan tidak akan pernah mengakui, kudeta ini.

Abdullah menunjukkan bahwa satu-satunya tuduhan nyata terhadap ayahnya adalah bahwa dia benar-benar mengekspresikan kehendak rakyat Mesir dalam pemilihan yang seluruh dunia akui adalah adil dan bersih.

Kesehatan dan Akses Media

Berbicara tentang kondisi kesehatan Mursi, Abdullah menambahkan, bahwa ayahnya secara kesehatan, dia tampak sehat. Namun, dia masih menderita beberapa penyakit kronis. Tetapi kondisi kesehatannya tampak baik-baik saja.

Dia juga mengatakan, moral ayahnya sangat tinggi dan dia memiliki keyakinan pada kebenaran dan pendiriannya bahwa kebenaran di atas segalanya. Dia memiliki keyakinan penuh bahwa kemenangan akan segera datang dari Tuhan.

Menurut Abdullah, apa yang terjadi pada ayahnya adalah bentuk pelanggaran berat terhadap keadilan yang bertentangan dengan standar hak asasi manusia nasional maupun internasional.

Dia juga menegaskan bahwa ayahnya benar-benar tidak diperbolehkan terakses ke media dan dilarang memiliki buku atau makalah. Bahkan dilarang sepenuhnya untuk melihat siapa pun selain dari tim keamanan yang bertanggung jawab atas dirinya.

Menurut Abdullah, kunjungan keluarga kepada ayahnya di penjara sama sekali bukan bentuk pengakuan atas legitimasi kudeta atau pengadilan palsu. Namun hal itu merupakan hak fundamental keluarga untuk mengunjungi dan bisa mengetahui secara langsung tentang kesehatannya.

“Apa yang terjadi dengannya tidak melucuti hak asasi manusianya, termasuk hak untuk bertemu secara teratur dengan keluarga dan tim pembelanya,” tegas Abdullah.

Abdullah juga menekankan bahwa kunjungan baru-baru ini tidak diumumkan kepada media, sebab untuk menghindari hal-hal yang terjadi dengan ayahnya setelah kunjungan itu.

Pengadilan pidana Kairo memutuskan untuk menunda sidang dalam kasus Presiden Mursi dan 23 anggota Ikhwanul Muslimin lainnya dalam kasus ada komunikasi dengan Hamas untuk pelarian dari penjara. Sidang berikutnya akan digelar pada 4 November mendatang.

Abdullah menunjukkan bahwa keluarganya hanya dapat mengunjunginya sejak penculikan pada 3 Juli 2013 sebanyak tiga kali. Kunjungan pertama pada 6 November 2013 di penjara Burj Al-Arab di Barat Alexandria; kunjungan kedua pada 4 Juni 2017 di penjara Turrah Farm dan yang ketiga pada 19 September di sel penjaranya di penjara Turrah Farm juga.

Menurut keluarga Mursi, presiden terpilih 66 tahun itu menderita diabetes kronis dan sebagai akibat dari kondisi penjara yang tidak sehat serta tiadanya akses ke pengobatan. Yang lebih parah, mata kiri Mursi juga mengalami sakit yang belum jelas apa sebabnya. Selain itu, Mursi juga mempunyai bisul di mulut dan rahang, juga  hipoglikemia (keadaan dengan kadar glukosa darah

Mursi memang pernah meminta perawatan medis sejak 8 Agustus 2015, meskipun sebenarnya ada perintah dari pengadilan berulang kali agar ia  diizinkan untuk menemui dokter spesialis diabetes, tapi hingga detik ini hal itu belum pernah terwujud. Pada 29 November 2017, keluarganya melaporkan kelalaian medis ini ke pengadilan, tetapi tidak berhasil.

Perlu disebutkan bahwa pada 5 Desember 2017, tim pembela yang mewakili Presiden Muhamad Mursi mengajukan petisi ke Pengadilan Tata Usaha untuk meminta izin melakukan kunjungan rutin oleh keluarganya. (T/RS3/RS2)

Sumber: MEMO

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.