Emir Makkah Serahkan Kiswa Baru ke Penjaga Senior Ka’bah

(Dok Saudi Gazette)

Jeddah, MINA  – Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal atas nama Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman menyerahkan (kain penutup) Ka’bah kepada penjaga senior Ka’bah Saleh Al-Shaibi, pada sebuah upacara di Jeddah, Rabu (23/8).

Wakil Emir Makkah Pangeran Abdullah bin Bandar, Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais, dan beberapa pejabat lainnya menghadiri upacara tersebut, Saudi Gazette melaporkan.

Ka’bah akan dihiasi dengan kiswa baru pada Hari Arafah, tanggal 9 Dzulhijjah, saat jutaan jamaah wukuf di padang Arafah.

Penggantian kiswa merupakan agenda rutin tahunan. Pemakaian kain hitam baru akan ditempatkan di atas Ka’bah, di tengah Masjidil Haram.

Kiswa yang dianggap salah satu karya seni Islam paling indah, setinggi 14 meter, sesuai ketinggian Ka’bah, dan lebar 47 meter, cukup untuk menutupi keempat sisi situs tersuci Islam itu.

Bagian atasnya dihiasi dengan pita lebar setinggi 95 sentimeter yang menampilkan ayat-ayat Al-Quran, bertuliskan benang perak berlapis emas, dengan berat 120 kilogram. Hampir 650 kilogram sutra alam diperlukan untuk membuat kiswa. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.