Empat Pesilat Indonesia Melaju ke Babak Final

Jakarta, MINA – Empat atlet pencak silat Indonesia dari beberapa kelas berhasil melaju  ke 2018 setelah mengalahkan lawan-lawannya dalam babak semifinal di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Ahad (26/8).

Ke-empat pesilat yang lolos ke final, yakni Komang Harik Adi Putra, Iqbal Candra Pratama, Abdul Malik, dan Wewey Wita. Komang Harik Adi Putra berhasil melaju final setelah mengalahkan pesilat Vietnam, Tuan Anh Pham di babak semifinal putra kelas E 65 kg-70 kg.

Sepanjang pertarungan, Komang beberapa kali merepotkan Pham dengan serangan-serangannya. Sejumlah pukulan yang dilepaskan Komang mampu mendarat di tubuh Pham. Begitu pun Abdul Malik yang mampu menaklukkan pesilat Laos BO Thammavongsa di kelas B putra 50kg-55kg, dengan skor 5-0, sekaligus menambah tempat di final. Sejak awal pertandingan, Malik sudah mampu menguasai lawannya.

Meski poin yang diperoleh Malik tidak terpaut jauh dari BO di babak pertama, namun poin Malik lebih tinggi, yakni 5-0,5-0,5-1,5-0, dan 3-3. Di babak kedua, pertandingan bertambah sengit, kedua pesilat berusaha keras untuk menyerang lawannya. Di babak ini, poin yang diperoleh cukup tipis, yakni 3-2,3-2,3-2,3-0 dan 3-0, kemenangan Malik di babak kedua.

Di babak ketiga, Malik terus memberikan tekanan kepada BO dengan beberapa kali melakukan guntingan yang menjadi andalannya, sehingga lawannya beberapa kali terjatuh. Akhirnya, BO pun takluk di depan Malik dengan poin terpaut sangat jauh, yakni 13-4,15-5,15-4,15-6 dan 17-7.

Sementara lainnya, Iqbal Candra Pratama juga berhasil menaklukkan pesilat Uzbekistan, Abdumalik Salimov dengan skor telak 5-0 di kelas D 60kg-65 kg. Selama pertandingan, Iqbal dan Abdumalik saling melancarkan serangan-serangan untuk mendapatkan poin dari wasit juri. Pertandingan pun berlangsung sengit, kedua atlet berusaha keras untuk mendapatkan poin.

Beruntung, serangan Iqbal lebih sering mengenai sasaran dan mendapatkan poin yang lebih tinggi. Adapun pesilat Indonesia lainnya, Wewey Wita menang telak dari pesilat asal Laos Olathai Sounthavong di kelas B 50 kg-55 kg dengan meraih skor sempurna 5-0 Selama pertandingan berlangsung, Wewey tampil begitu dominan, bahkan tendangan yang dilepaskan pesilat asal Bandung itu terus menemui sasaran dan mendapatkan poin. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)