Enam Cara Bantu Palestina

Oleh: KH Bachtiar Nasir (Seorang Da’i dan Ulama’ yang sangat sering mengkaji dan mendalami Ilmu-Ilmu Al-Qur’an)

Sebagai sesama umat Islam, kita memang wajib membantu saudara kita di Palestina karena kita adalah bersaudara yang diperrsaudarakan oleh Islam. Sebagai rakyat biasa banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina dalam meraih kemerdekaannya. Di antara hal-hal yang mungkin kita lakukan adalah:

Pertama, berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk perjuangan mereka agar mendapatkan kemenangan sehingga mereka mencapai kemerdekaannya. Inilah bantuan yang bisa kita lakukan setiap hari demi saudara kita di Palestina.

Kedua, berusaha memahami permasalahan Palestina ini dengan baik dari segala aspek sehingga kita mampu memahamkannya kepada orang-orang yang menanyakan kepada kita kenapa harus membantu bangsa Palestina.

Baca Juga:  Munawar Khalil Resmi Lantik PW PRIMA DMI Sumbar

Ketiga, kalau kita mampu dari segi harta, maka kita bisa membantu perjuangan bangsa Palestina dengan menginfaqkan sebagian dari harta kita untuk perjuangan mereka dengan menyerahkannya kepada organisasi-organisasi yang telah terbukti dapat dipercayai untuk menyalurkannya kepada bangsa Palestina.

Keempat, memboikot barang-barang hasil produksi negara zionis Israel atau produksi perusahaan yang membantu negara Israel seperti yang dianjurkan oleh Syaikh Yusuf al-Qaradawi. Untuk mengetahui barang-barang yang diproduksi oleh zionis Israel atau perusahaan yang memberikan bantuannya bisa dilihat di situs inminds.co.uk. Untuk sementara ini, situs ini menjadi pegangan gerakan memboikot pembelian produk zionis dunia.

Kelima, menjadi relawan yang mengantarkan bantuan ke Palestina, atau relawan medis yang memberikan bantuan pengobatan kepada rakyat dan pejuang Palestina yang setiap harinya mendapat serangan militer Israel.

Baca Juga:  Fadli Zon Dukung Mahkamah Pidana Internasional Tangkap Netanyahu

Keenam, berusaha menggerakkan permasalahan Palestina ini di tengah masyarakat kita sehingga timbul kesadaran dalam masyarakat kita akan pentingnya membantu perjuangan saudara kita bangsa Palestina dalam merebut kemerdekaan kita.

Hal itu kita bisa kita lakukan dengan mengikuti setiap kegiatan yang diadakan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina. Dalam hal ini, seorang yang bergerak dalam media dapat melakukan banyak hal melalui media yang dia tekuni baik media cetak maupun elektronik. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi