Enam Juara Olimpiade Halal 2017

Para juara Olimpiade Halal 2017 berfoto bersama pimpinan LPPOM MUI di Gedung SMESCO Convention Hall Jakarta, Kamis (16/11/2017).(Foto: Rana/MINA)

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyerahkan hadiah kepada para pemenang Olimpiade Halal 2017 saat pembukaan Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2017 di SMESCO Exhibition Hall Jakarta, Kamis (16/11).

Pemenang ditentukan setelah mengalami proses yang panjang, dari babak penyisihan hingga final Olimpiade Halal 2017. Babak penyisihan telah dilaksanakan sejak tanggal 25 Juli – 6 September 2017 di 20 provinsi di Indonesia dan enam negara lain yaitu Malaysia, Singapura, Vietnam, Jepang dan Arab Saudi dengan total peserta 13.524 siswa tingkat SMA/Sederajat. Sedangkan babak final dilaksanakan pada hari Senin, 25 September 2017 pukul 10.00 – 12.00 WIB secara serentak di seluruh Indonesia.

Uji kompetisi dilakukan secara online melalui program Halal Learning Online (HaLO) LPPOM MUI.

HaLO LPPOM MUI dapat diakses peserta langsung dari sekolah, rumah dan juga melalui HP, tablet, komputer atau gadget yang tersambung secara online. Selain itu agar lebih efektif dan efisien di beberapa provinsi dan negara Olimpiade Halal dilaksanakan secara terpusat di suatu tempat seperti sekolah, kampus, gedung pertemuan, atau tempat lainnya. Seluruh proses dari pendaftaran sampai final dilakukan.

Materi lomba terdiri dari pengetahuan halal dan haram sesuai Al-Quran dan Hadis, prosedur mendapatkan sertifikat halal dan sistem jaminan halal. Selain itu juga diuji pengetahuan Islam, wisata halal dan pengetahuan umum tingkat SMU/sederajat.

Berikut enam pelajar peraih juara Olimpiade Halal 2017:

Juara Pertama dengan nama Sania Maudina Akbar, dari MAN 1 Jembrana Provinsi Bali berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 7.500.000.

Juara Kedua dengan nama Defa Rizky Maulani dari MAN 2 Provinsi Riau berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 6.000.000.

Juara Ketiga dengan nama Nada Anisya dari MA USB BATAM, Provinsi Kepulauan Riau berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 5.000.000.

Juara Harapan I dengan nama Rizky Andrean dari SMKN Jawa Tengah, Provinsi Jawa Tengah berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 3.000.000.

Juara Harapan II dengan nama Dinda Pratiwi dari MA 2 Model Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 2.000.000.

Juara Harapan III dengan nama Aindrea Rayhan Supriyanto dari SMAN 5 Bandung, Provinsi Jawa Barat berhak mendapatkan trophy, sertifikat dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 1.500.000. (A/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.