Erdogan dan Netanyahu Terlibat Perang Kata-kata

(gazete manifesto)

Ankara, MINA – Perdana Menteri Israel dan Presiden Turki terlibat perang kata-kata tajam terkait bentrokan mematikan di perbatasan Gaza, .

Sebanyak 16 warga Palestina tewas Jumat lalu setelah tentara Israel menembaki beberapa demonstran dengan peluru sungguhan, satu petani ditembak tank di lahannya Jumat pagi.

Presiden Erdogan menuduh Netanyahu sebagai seorang “teroris” pada Ahad (1/4), BBC melaporkan.

Kecaman Erdogan datang setelah Netanyahu menolak “pelajaran moral” Ankara dan menuduh Turki mengebom tanpa pandang bulu warga sipil dalam operasinya di luar negeri.

“Tentara paling bermoral di dunia tidak akan diberi kuliah tentang moralitas oleh seseorang yang selama bertahun-tahun telah mengebom penduduk sipil tanpa pandang bulu,” kata pemimpin Israel itu di Twitter.

“Rupanya ini cara mereka menandai 1 April di Ankara,” tambahnya, mengacu pada April Mop.

Netanyahu sebelumnya menyebut Erdogan seseorang yang “mengebom warga desa Kurdi”, untuk mengacu pada operasi militer Turki di daerah Afrin, Suriah.

Adapun Erdogan sebelumnya menyebut respons Israel terhadap demonstran sebagai “serangan tidak manusiawi”.

“Hei Netanyahu! Anda penjajah. Dan sebagai seorang penjajah yang ada di tanah itu. Pada saat yang sama, kamu adalah seorang teroris,” kata Erdogan dalam sebuah pidato televisi, Ahad.

Perang kata-kata yang meningkat terjadi di tengah meningkatnya kritik internasional terhadap respons militer Israel terhadap demonstran Palestina.

Bentrokan pecah setelah ribuan warga Palestina berbaris ke perbatasan pada awal protes enam enam pekan, yang dijuluki the Great March of Return.

Palestina menuduh Israel menggunakan kekuatan yang tidak proporsional dalam tanggapan mereka. Presiden Mahmoud Abbas mengatakan Israel menanggung “tanggung jawab penuh” atas pertumpahan darah itu.

Dengan 16 korban jiwa, insiden Jumat menjadi hari paling mematikan dalam konflik Israel-Palestina sejak perang Gaza 2014. PBB mengatakan ratusan lainnya terluka. (T/R11/RI-1)

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.