Erick Thohir Harap AG Wariskan Budaya Disiplin

Diplomatic Walk sambut Asian Games 2018. (Foto: MINA)

 

Jakarta, MINA – Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), meninjau sejumlah venue dengan berjalan kaki dari Plaza Barat menuju Stadion Tenis Indoor, Stadion Utama dan terakhir ke Gedung Basket di Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (11/2).

Erick menjelaskan tentang rencana penggunaan satu pintu pada saat AG XVIII nanti, yang menurutnya, diberlakukan bukan sekedar untuk mengurangi kemacetan tapi juga untuk membuat masyarakat semakin displin dan berpartisipasi dalam mengurai kemacetan.

“Ini bagian dari perubahan kultur karena kami juga mau  warga Jakarta mengubah sikap. Nanti pada saat Asian Games sama-sama pakai kendaraan umum, sama-sama biasa jalan,” katanya.

Sebelumnya, Erick Thohir bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandy Uno berencana menonton pertandingan basket pada Sabtu (10/2) dengan berjalan kaki dari Palza Barat ke Gedung basket Jakarta. Namun batal karena pertandingan basket tertunda, akibat ada masalah listrik di Gedung basket Senayan Jakarta.

Pada kesempatan jalan kaki meninjau venue yang digunakan untuk Test Event Asian Games 2018, Erick Thohir juga bertemu dengan pengunjung yang akan menyaksikan pertandingan Atletik di Stadion Utama Senayan. Sempat berbincang dengan pengunjung menanyakan kebijakan jalan kaki yang diterapkan.

“Para pengunjung tidak mempermasalahkan kebijakan jalan kaki tersebut,” ujarnya.

Erick berharap, Asian Games 2018 nanti akan memberikan warisan yang bermanfaat. Tidak hanya venue-venue dan gedung-gedung megah tapi juga memberikan warisan kultural. Seperti halnya dengan membuka satu pintu masuk ke Kompleks GBK.

“Saya yakin kita akan terbiasa karena karena akan menjadi bagian dari perubahan kultur masyarakat,” katanya.

Sebelum meninjau venue, Erick dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi didampingi Wakil Menlu RI, AM Fachir melakukan Diplomatic Walk dengan beberapa Duta Besar dari berbagai negara diantaranya dari Serbia, Filipina, Norwegia, Korea, Cuba, Myanmar, Perancis, Sri Lanka, Yordania, dan Iran. Juga diikuti oleh Dubes RI dari berbagai negara yang sedang mengadakan rapat kerja di Jakarta.

Nantinya INASGOC akan menggelar banyak festival, dari budaya sampai makanan di GBK, penonton bisa menikmati berbagai festival sambil berjalan dari satu venue ke venue lainnya. (L/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.