Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Euro 2024: Arda Guler Jadi Bintang Kemenangan Turki

Lailatul Mukarromah - Kamis, 20 Juni 2024 - 05:41 WIB

Kamis, 20 Juni 2024 - 05:41 WIB

42 Views

Berlin, Jerman, MINA – Arda Guler jadi bintang kemenangan Turki atas Georgia lewat golnya yang membuat Guler masuk dalam daftar elit berisikan para pemain muda, termasuk Cristiano Ronaldo.

Guler jadi starter kala Turki menghadapi Georgia pada laga pembuka Grup F di BVB Dortmund Stadion, Selasa (18/6) malam WIB. Ini jadi debut bintang muda Real Madrid itu di turnamen besar bersama negaranya.

Ketika 90 menit laga tuntas, Turki menang dengan skor 3-1 lewat gol-gol Mert Muldur, Arda Guler, dan Kerem Akturkoglu. Sementara Georgia sempat menyamakan skor lewat Georges Mikautadze.

Dua dari tiga gol Turki dibuat dengan cara sensasional, yakni sepakan dari luar kotak penalti. Salah satunya pada menit ke-65 dari kaki Arda Guler. Ia yang mendapat ruang tembak di jarak 25 yard langsung melepaskan sepakan kiri yang membuat bola meluncur deras ke pojok kanan atas gawang Georgia.

Baca Juga: Imbas Serangan Israel, Lebanon Tunda Semua Pertandingan Sepak Bola

Bagi Guler ini adalah gol keduanya dari sembilan penampilan bersama Turki. Dia pun dinobatkan sebagai man of the match. Lebih spesialnya lagi, Guler mensejajarkan diri dengan bintang Portugal Cristiano Ronaldo sebagai pemain muda yang bisa mencetak gol di Euro.

Guler saat ini berusia 19 tahun 114 hari dan jadi pemain termuda yang bikin gol pada laga debut Piala Eropa, setelah Ronaldo saat menghadapi Yunani di 2004 dan Ferenc Bene kala Hungaria menghadapi Spanyol di 1964.

Rekor pencetak gol termuda masih dipegang penyerang Swiss Johan Vonlanthen yang bikin gol kala kalah 1-3 dari Prancis. Setelah Vonlanthen, ada Wayne Rooney (19 tahun 237 hari), Renato Sanches (18 tahun 317 hari), dan Dragan Stojkovic (19 tahun 108 hari).

Untuk laga final, pencetak gol termuda ada pemain Italia Pietro Anastasi pada usia 20 tahun 64 hari ketika menjebol jala Yugoslavia tahun 1968.

Baca Juga: Erick Tohir: PSSI Sudah Gelontorkan Dana Rp36 M untuk Sepakbola Putri

Guler Pecahkan Rekor

Arda Guler adalah salah satu bakat muda terbaik di dunia sepak bola saat ini. Bahkan dia sampai membuat pelatih dan para pemain Real Madrid terkagum-kagum.

Guler telah membuktikan potensinya di panggung masif Piala Eropa 2024. Laga kontra Georgia kemarin adalah laga debutnya, di usia 19 tahun dan 114 hari, Guler pun mencetak gol di laga debutnya.

Alhasil, Guler berhasil memecahkan rekor debutan termuda yang bisa mencetak gol di pertandingan Euro pertamanya. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Cristiano Ronaldo, ketika mencetak gol untuk Portugal di Euro 2004 dalam usia 19 tahun dan 128 hari.

Baca Juga: Atlet USK Sumbang 28 Medali untuk Aceh pada PON 2024

Rekor Ronaldo bahkan bertahan dalam lima edisi Euro berbeda, sampai Guler memecahkannya di Euro 2024 ini.

Musim 2023/2024 ini jadi musim pertama Guler bersama Real Madrid dan dia bermain luar biasa di sana. Kini, performa apik itu dilanjutkan di Euro.

Tercatat, Guler 7 kali terpilih jadi starter di 7 pertandingan untuk klub dan negara, dan dia bisa mencetak 7 gol dalam kesempatan tersebut.

Guler mencetak gol di debutnya bersama Turki di Euro. Dia juga mencetak gol di laga debut penuh pertamanya di La Liga bersama Real Madrid.[]

Baca Juga: Jawa Barat Hatrick Juara Umum PON 2024

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik ke-129

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport