Evakuasi WNI di Sudan, 557 Orang Tiba di Jeddah

Evakuasi WNI di Sudan, 557 Orang Tiba di Jeddah (foto: Kemlu RI)

Jakarta, MINA – Evakuasi tahap pertama warga negara (WNI) dari Sudan yang jumlahnya 557 orang tiba di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (26/4) pagi.

“Total ada 569 orang. Dari 569 orang ini, 557 sudah melanjutkan perjalanan melalui laut ke Pelabuhan Jeddah dan telah tiba di Pelabuhan Jeddah pada hari ini (26/4) sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam Konferensi pers virtual, Rabu (26/4).

Sementara itu, kata Retno, 12 orang lainnya, yaitu 10 tim dari KBRI tetap tinggal sementara di Kota Port Sudan untuk membantu evakuasi tahap kedua. Ditambah ada dua WNI yang saat ini masih menunggu penyelesaian dokumen perjalanan.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Selain itu, tim dari Kementerian Luar Negeri yang dipimpin oleh Direktur PWNI, saat ini juga sedang menyebrang dari Jeddah ke Kota Port Sudan untuk
membantu evakuasi tahap kedua.

Menlu menyebut, poses evakuasi tahap kedua dari Khartoum sudah tiba di Port Sudan melalui jalur darat, Rabu (26/4) sekitar pukul 09.30 WIB.

Di dalam evakuasi tahap kedua ini, terdapat 328 WNI yang terdiri dari: perempuan 29 orang, anak- anak 5 orang, laki-laki 94 orang.

Sebagian besar mereka adalah mahasiswa, terdapat pula PMI dengan keluarganya dan seorang tenaga profesional airlines. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.