Festival Kaligrafi Internasional dalam Peringatan Hari Santri 2017

 

Festival Kaligrafi Internasional. (Foto: detik)

 

Jombang, MINA – Sejumlah rangkaian kegiatan peringatan Nasional (HSN) 2017 sudah dilaksanakan, salah satunya adalah pameran dan festival kaligrafi Internasional yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kegiatan yang diikuti berbagai negara itu dibuka Kamis (14/9) hingga Sabtu (16/9). Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Direktur IRCICA Turki Halit Eren, Ketua Asosiasi Kaligrafi Saudi Abdullah Abdul Futiny, Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan Ketua Ahmad Atho’illah.

Secara simbolis, acara dibuka dengan pengguntingan pita oleh KH Imam Haromain, Pengasuh Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar yang didampingi para tamu.

Setidaknya, ada 90 karya kaligrafi yang dipamerkan. Di antaranya berasal dari Arab Saudi, Turki, China, serta Negara ASEAN yang ikut yakni Thailand, Singapura, dan Malaysia.

“Ini merupakan acara festival dan pameran kaligrafi pertama di Indonesia yang berskala internasional. Diikuti sejumlah Negara ASEAN, ada juga dari Turki, Arab Saudi, dan China,” ujar Ketua HSN 2017, Ahmad Atho’illah, sebagaimana media lokal yang dikutip MINA.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap karya-karya kaligrafi semakin berkembang. “Targetnya kaligrafi semakin berkembang di dunia internasional. Terlebih di Indonesia dan pesantren,” tutup pria yang akrab disapa Gus Aik tersebut.

Dalam festival dan pameran ini juga dilangsungkan lomba kaligrafi ASEAN. Selain itu, lomba kaligrafi On The Spot bertaraf nasional, dan workshop kaligrafi. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.