Filipina Jamin Kunjungan ke Mindanao Aman

Jakarta, MINA – Otoritas pada Kamis (3/1) menegaskan perjalanan ke Mindanao “sangat aman”, meskipun Australia dan Inggris mengeluarkan travel warning, lansir Philstar.

Filipina mengatakan, kepolisian dan militer tengah melakukan investigasi bersama untuk menyelidiki ledakan bom di Cotobato. Seperti dilaporkan AA dan MINA.

Juru bicara Kepresidenan Filipina Salvador Panelo mengatakan, kejadian pengeboman ini tak terkait dengan situasi perdamaian di Mindanao.

“Sangat aman untuk bepergian ke Mindanao,” kata Panelo kepada wartawan dalam jumpa pers.

Dalam pernyataan sebelumnya, penasihat perdamaian presiden Carlito Galvez, Jr. juga mengatakan pemboman itu adalah kasus tersendiri dan tak dapat mempengaruhi proses perdamaian antara pemerintah dan Front Pembebasan Islam Moro Filipina (MILF).

Filipina baru saja memperpanjang pemberlakukan darurat militer di Mindanao sampai akhir 2019.

Sedikitnya dua orang tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka akibat ledakan yang terjadi di luar sebuah pusat perbelanjaan di Cotobato City, Mindanao, Filipina, Senin (31/12).

Ledakan diduga berasal dari sebuah peledak rakitan.

Ledakan ini terjadi hanya beberapa pekan sebelum plebisit untuk ratifikasi UU Organik Bangsamoro, yang akan diselenggarakan pada 21 Januari dan 6 Februari. (T/RS3/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)