Forjim Gelar Diskusi ‘Jangan Panik Kita Bisa Atasi Corona’

Jakarta, MINA – Forum Jurnalis Muslim (Forjim) bersama LPPDI Thoriquna dan Wahana Muda Indonesia (WMI) mengadakan diskusi media dengan judul Jangan Panik Kita Bisa Atasi di Markaz Community Center, Jakarta Timur, Sabtu (7/3).

Narasumber adalah Founder & Chairman Junior Doctors Network (JDN) Indonesia dr Andi Khomeini Takdir dan Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani.

“Para ahli di Indonesia dapat menemukan vaksin untuk virus corona. Sebab potensi Indonesia untuk pembuatan vaksin dan obat-obatan untuk virus corona sangatlah besar,” kata dr Andi Khomeini Takdi.

Menurutnya Indonesia bisa menemukan vaksin virus corona, hal Ini adalah kompetisi di antara 93 negara yang saat ini terkena penyebaran virus corona.

Terkait telah diumumkannya pasien COVID-19 di Indonesia oleh pemerintah, Andi mengimbau agar masyarakat tidak terlalu panik.

“Masyarakat, hanya perlu melakukan antisipasi. Tidak perlu merespon wabah dengan kepanikan. Tak ada yang perlu cemas, takut, panic buying, tapi harus melakukan antisipasi,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani menyatakan kepanikan itu, diperparah dengan rendahnya literasi masyarakat di era digital ini yang sulit membedakan antara fakta dengan berita bohong alias hoaks.

“Sementara pemerintah, kalau menurut netizen sekarang, terlalu santuy. Masyarakat mencari informasi sendiri,” kata Anggota Fraksi PKS di DPR itu.

Sebagai contoh kecil, kata Netty, di kalangan Anggota DPR saja, masih terjadi kebingungan dalam membedakan kegunaan dan fungsi masker.

Karena itu ia menyarankan agar pemerintah menggunakan media yang dimiliki, seperti TVRI, untuk mengeluarkan pengumuman terkait COVID-19 secara teratur. “The Media’s the most powerful entity on earth,” kata Netty sembari mengutip pernyataan Malcolm X.

Walaupun terlambat, Netty mengapresiasi akhirnya pemerintah menunjuk seorang jurubicara penanganan COVID-19, yakni Achmad Yurianto, yang dia nilai mampu menyampaikan secara baik informasi tentang COVID-19. Yuri adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. “Better late than never,” kata dia. (L/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.