FORKALIM Selenggarakan Seminar Nasional Sanitasi Air Limbah Domestik

Jakarta, MINA – Asosiasi Forum Komunikasi Air Limbah Domestik (FORKALIM) pada Jumat (8/2) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Teknologi Sistem Pengolaan Air Limbah Domestik (SPALD).

Seminar dibuka oleh Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman, Kementerian PPN/Bapennas, Tri Dewi Virgiyanti.

Ia mengatakan, seminar nasional ini sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan baru tentang pengolaan sanitasi, terutama untuk isu-isu air limbah domestik (ALD).

“Seminar ini juga menjadi ajang success stories dari berbagai institusi, yang telah melakukan SPALD, ”
tambahnya.

Ketua FORKALIM Subekti juga mengatakan , saat ini baru ada 250 kota di Indonesia yang memiliki pengolaan perlimbahan setempat, dari 250 hanya 13 kota yang mempunyai pengolaan terpusat melalui perpipaan.

“Untuk itu kita butuh program twining, yakni para operator yang telah memiliki kemampuan harus menularkan kemampuannya kepada operator yang masih harus meningkatkan kemampuannya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa kementerian, para regulator dan operator air limbah dan air minum dari 26 Kabupaten di Indonesia serta Universitas yang ada di Jakarta.

FORKALIM merupakan organisasi yang menjadi wadah berhimpunnya para pengelola air limbah domestik di seluruh Indonesia, baik dengan institusi maupun perorangan, yang memiliki tujuan untuk membantu anggotanya meningkatkan kapasitas dalam penanganan dan pelayanan di bidang air limbah permukiman . (L/Ast/Awj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)