Forum Diskusi CWLS Tingkatan Literasi Pemanfaatan Wakaf Produktif

Balikpapan, MINA – Salah satu rangkaian InFest 2019 pada Kamis (7/11), merupakan kegiatan Forum Produktif Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) di Balikpapan.

Kegiatan Forum Diskusi Wakaf Produktif itu dihadiri oleh 68 peserta yang merupakan perwakilan dari Masyarakat Ekonomi (MES), Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FOSSEI) Kalimantan Timur, Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan masyarakat umum.

Forum Diskusi Wakaf Produktif CWLS di Balikpapan sudah ke tujuh kali dilakukan dalam rangkaian roadshow yang direncanakan hingga akhir tahun 2019.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat mengenai wakaf di Indonesia termasuk potensi dan perkembangannya untuk menyebarluaskan informasi mengenai gerakan wakaf produktif sebagai suatu alternatif investasi sosial bagi masyarakat, termasuk CWLS.

Dalam pemaparannya, Kepala Seksi Peraturan, Evaluasi Kinerja dan Managemen Risiko, Rijanta Triwahjana menyampaikan bahwa implementasi CWLS merupakan wujud nyata dukungan dan komitmen yang kuat dari Kementerian Keuangan bersama dengan otoritas terkait, seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI) terhadap upaya pengembangan dan inovasi di bidang keuangan syariah khususnya dalam investasi sosial di Indonesia.

“Melalui CWLS, wakaf yang bersifat temporer maupun permanen akan digunakan dan dioptimalkan untuk membiayai berbagai pengadaan aset social baru di bawah koordinasi BWI,” kata Rijanta.

Sementara Komisioner Badan Wakaf Indonesia Imam Nur Aziz menyampaikan, bagaimana wakaf produktif telah berhasil dilaksanakan di banyak negara. Wakaf harus diberdayakan untuk kegiatan produktif sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Dengan adanya Forum Diskusi Wakaf Produktif CWLS ini diharapkan lebih meningkatkan sinergi antar otoritas sehingga mampu mewujudkan investasi sosial baik melalui pembangunan infrastruktur pelayanan kepada masyarakat maupun program-program yang dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di negeri tercinta Indonesia. (R/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.