Forum Palestina Inggris Akan Gelar Aksi Dukung Great Return March

London, MINA – Forum di Inggris bersama sejumlah organisasi kemanusiaan Inggris dan perwakilan Arab akan menggelar pawai solidaritas nasional di London, pada Sabtu 11 Mei mendatang untuk mendukung gerakan Great Return March (GRM) yang sudah digulirkan sejak setahun lalu.

Pawai yang diperkirakan dihadiri ribuan warga Inggris bertujuan untuk memperingati Nakba Palestina, dan menegaskan hak kepulangan bagi para pengungsi ke Palestina, serta solidaritas untuk pawai kepulangan akbar di Gaza.

Ketua forum Palestina, Dr. Hafiz al-Karomi mengatakan, sejumlah organisasi kemanusiaan dan HAM, bersama sejumlah aktifis buruh Inggris, akan terlibat dalam gelaran pawai, di dalamnya diagendakan festival orasi dari sejumlah aktifis Inggris, para serikat pekerja dan tokoh masyarakat.

Sumber Palinfo melaporkan, Al-Karomi menyebutkan, pawai untuk menegaskan komitmen rakyat Palestina di luar negeri untuk kembali pulang ke desa dan kota tempat mereka diusir tahun 1948.

Aksi itu juga menyampaikan pesan kepada pihak-pihak yang peduli juga empati pada penderitaan Palestina  dan memahami bahwa rakyat Palestina tidak akan melepaskan tanggung jawab nasional, serta menolak semua upaya dan konspirasi yang hendak menghapus persoalan Palestina.

Al-Karomi menegaskan seruan kepada segenap putra-putra Palestina dan perwakilan dunia Arab untuk menghadiri pawai ini, dan menghadirkan bendera Palestina, simbol nasional yang menolak Deal of Century, yang hadir di tengah suasana kondisi sulit yang menimpa persoalan Palestina. (T/SR/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.