Garuda Muda U-16 Pesta Gol Hancurkan Laos 6-1

Ilustrasi: Pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina, Senin, 24 Juni 2024. (Foto: PSSI)

Surakarta, MINA – Garuda Muda Indonesia U-16 berpesta gol saat menghancurkan Timnas Laos dalam pertandingan ketiga Grup A Kejuaraan Remaja U-16 AFF.

Pada pertandingan Kamis malam (27/6) di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Timnas Indonesia mengalahkan Laos dengan skor telak 6-1.

Garuda Muda dan publik Tuan Rumah sempat dikejutkan oleh tunjukan wasit ke titik putih, usai pemain Laos dilanggar di kotak terlarang pada menit ke-7.

Pemain Laos nomor 9, Phayak Siphanom yang menjadi algojo penalti sukses menaklukkan kiper Indonesia. Skor 1-0 untuk Laos.

Namun, pada menit ke-23, Muhammad Zahaby dijatuhkan di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih. Zahaby yang mengeksekusi penalti sukses menyarangkan bola keras ke gawang Laos. Skor 1-1.

Baca Juga:  Membentengi Generasi Muda dari Iming-Iming Judi online

Berselang 6 menit kemudian, tendangan sudut untuk Indonesia berujung sundulan liar pemain Laos Sayyavath Vansavath yang membuat bola masuk ke gawang sendiri. Para pemain Indonesia pun seketika merayakan gol tersebut. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Sebelum turun minum, Fabio Azka Irawan menjadi kreator dua gol tambahan bagi Indonesia. Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan oleh Fabio, Josh Holong sukses mengkonversi umpan menjadi gol pada menit ke-37 dengan sundulannya dan I Putu Panji pada menit 45+3.

Waktu istirahat diambil dengan skor sementara 4-1 untuk Indonesia.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung lebih sengit dengan pemain Laos mencoba bermain lebih menyerang.

Sejumlah peluang juga diciptakan oleh lini depan Garuda Muda. Barulah pada menit ke-61 Josh Holong sempurna melakukan tendangan memutar di depan gawang Laos. Gol tercipta dan skor 5-1 untuk anak asuh pelatih Nova Arianto.

Baca Juga:  Karakter Kaum Muslimat Shalihat

Mierza Firjatullah memperbesar keunggulan Indonesia pada menit ke-79. Gerakan onside Mierza yang mendapat umpan terobosan sukses memperdaya kiper Laos. Skor 6-1 untuk Garuda Muda.

Kemenangan ketiga ini membuat Indonesia mendulang poin sempurna 9 pada puncak klasemen Grup A dan lolos ke babak semifinal. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Arif Ramdan