Gaza Tembak Drone Militer Israel

Gaza, MINA – Perlawanan Palestina menembak jatuh sebuah drone milik militer pendudukan Israel pada Ahad (3/11) di Gaza utara.

Kantor berita Shafa mengutip sumber di lingkungan perlawanan Palestina bahwa pihak pejuang berhasil menembak jatuh pesawat drone milik Israel, yang mengudara di kawasan perbatasan Gaza utara.

Sumber menyebutkan, drone yang ditembak jatuh dari jenis Quad Capter, yang digunakan untuk mengambil gambar.

Perlawanan Palestina sebelumnya beberapa kali berhasil menembak jatuh drone serupa milik militer Israel, di samping beberapa disita karena jatuh akibat kerusakan.

Gencatan senjata antara pihak perlawanan Palestina di Gaza dan militer pendudukan Israel berlangsung sejak agresi militer tahun 2014 lalu.

Namun, kerap terjadi saling serang antara kedua pihak, dan upaya spionase menembus Gaza terus dilakukan pihak Israel, antara lain dengan mengirimkan sejumlah drone dan agen-agen penyusup ke Gaza, beberapa kasus bisa dibongkar, terakhir penyerangan terhadap aparat keamanan di Gaza.

Gaza saat ini masih berada dalam blokade Israel, darat, laut dan udara yang telah berlangsung sejak tahun 2006 pasca hengkangnya militer Israel dari Gaza. Sejumlah upaya ditempuh untuk mengakhiri blokade, tetapi belum membuahkan hasil.

Blokade yang berkepanjangan memicu perlawanan rakyat lewat aksi pawai kepulangan dan penghapusan blokade Gaza yang digelar sejak akhir Maret 2018 lalu. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)