Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

NAKBA: HAK RAKYAT PALESTINA KEMBALI KE TANAH AIRNYA

Rudi Hendrik - Kamis, 15 Mei 2014 - 04:13 WIB

Kamis, 15 Mei 2014 - 04:13 WIB

709 Views

Nakba, Rabu (14/5) di Gaza City. foto: MINA" src="http://mirajnews.org/wp-content/uploads/2014/05/peringatan-Nakba-Gaza-MINA.jpg" alt="" width="475" height="315" border="0" /> salah satu produk pameran di peringatan Nakba, Rabu (14/5) di Gaza City. foto: MINA

Gaza, 16  Rajab 1435/15 Mei 2014 (MINA) –  Rakyat Palestina di Jalur Gaza mengadakan berbagai macam acara dalam memperingati kembali hak mereka untuk kembali ke tanah airnya, setelah pengusiran besar-besar oleh Israel pada 1948 yang dikenal dengan Nakba.

Di pusat kota Gaza misalnya, divisi urusan pengungsi Hamas pada Rabu (14/5) mengadakan pameran foto bertema ‘kesaksian Nakba’ untuk memperingati hari pengusiran besar-besaran ke-66 ini.

Penyelenggara pameran Abdullah Hasouna yang juga direktur eksekutif urusan pengungsi Hamas mengatakan kepada MINA pameran ini bertujuan mengembalikan kenangan perih rakyat yang diusir pada saat itu.

Dalam  kegiatan itu,  pameran  mendokumentasikan foto-foto  sebelum dan sesudah tragedi Nakba. “kami memajang foto para pejuang Palestina yang aktif memerangi zionis Israel sejak 1948,”  kata Hasouna.

Baca Juga: Puluhan Pemukim Yahudi Kembali Serbu Masjid Al-Aqsa

SelaIn itu, pameran juga memperlihatkan dokumentasi foto-foto warga Palestina yang diusir dan menjadi  pengungsi di berbagai negara seperti di Libanon, Suriah, dan lainnya, serta pemetaan penyebaran mereka.

Dilaporkan  pameran juga bertujuan mengembalikan dan meningkatkan rasa percaya diri rakyat Palestina  untuk  kembali ke tanah air yang dirampas sejak 1948.

“Kami berharap  pameran ini bisa menambah keyakinan rakyat Palestina bahwa suatu hari nanti rakyat Palestina akan mampu kembali ke tanah air mereka, tempat lahirnya nenek moyang kami,” tegas Hasouna.

Kurang lebih 87 persen  tanah Palestina dikuasai Israel secara paksa dalam penjajahan yang masih berlangsung hingga kini.

Baca Juga: Israel Umumkan Empat Tentaranya Tewas di Rafah

Hasouna juga menyeru masyarakat international agar bisa memacu dan memberikan harapan kepara rakyat Palestina bahwa mereka kelak akan kembali ke tanah air mereka.(L/K1/K2/K3/P03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Jenderal Israel Nyatakan Dirinya Kalah di Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Indonesia
MINA Preneur
Khadijah
MINA Health