Gelar Resepsi Diplomatik, KBRI Kairo Promosikan Kain Tenun dan Songket

Gelar Resepsi Diplomatik, KBRI Kairo Promosikan Kain Tenun dan Songket (foto: KBRI Kairo)

Kairo, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo mempromosikan kain tenun dan songket nusantara saat menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan dan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir di Kairo, Rabu (21/9).

Para tamu undangan menyaksikan berbagai jenis kain tenun dan songket nusantara sebagai salah satu simbol keberagaman dan kekayaan budaya di Indonesia. Hal ini karena setiap kain tenun dan songket tersebut memiliki motif, filosofi, hingga warna kain yang berbeda-beda.

Terdapat juga penampilan paduan suara dan musik tradisional dari mahasiswa Indonesia di Mesir dan warga Mesir yang aktif di Puskin Kairo.

Selain promosi kekayaan budaya dan keragaman produk Indonesia, ditampilkan juga pameran foto yang memperlihatkan kedekatan pemimpin kedua negara, yang dipajang di sepanjang jalan taman menuju Wisma Duta.

Di antara foto tersebut adalah pertemuan Presiden Soekarno dengan Presiden Gamal Abdel Nasser di Kairo tahun 1958 dan foto pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Abdel Fattah El-Sisi di Jakarta tahun 2015.

Duta Besar (Dubes) RI Lutfi Rauf menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir, khususnya Ambassador Ayman Aly Kamel, Asisten Menlu Mesir untuk urusan Asia, Australia, Selandia Baru dan Pasifik.

“75 tahun hubungan Indonesia-Mesir adalah momentum bersejarah untuk meningkatkan peran masyarakat di kedua negara agar terus membangun kemitraan yang holistik,” ucap Lutfi dalam sambutannya.

Resepsi diplomatik tahun ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan setelah pandemi Covid-19. KBRI Kairo terakhir kali menyelenggarakan resepsi diplomatik pada tahun 2019.

Dubes mengatakan keistimewaan resepsi diplomatik tahun ini bagi bangsa Indonesia dan Mesir dari sisi bilateral maupun sisi multilateral.

Karena selain memperingati 77 tahun kemerdekaan Indonesia, tahun ini menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir, yang diresmikan melalui penandatanganan Perjanjian Persahabatan pada tahun 1947.

Disamping itu, Indonesia dan Mesir saat ini memiliki peran multilateral yang penting. Indonesia memegang Presidensi G20 dan Mesir memegang Presidensi Konferensi Perubahan Iklim PBB 2022 (COP27).

Selain itu, kedua negara sedang menghadapi tantangan global akibat efek pandemi COVID-19 serta krisis pangan dan energi.

Namun demikian, Indonesia dan Mesir berupaya keras untuk mempromosikan semangat multilateralisme dan terus mendorong kerja sama global. Kemitraan dan kolaborasi antar negara adalah kunci dalam menghadapi tantangan global sehingga dapat “Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat.” (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)