Produk Indonesia Catatkan Transaksi Rp253 Miliar di Cafex Expo Kairo

KBRI Kairo berpartisipasi pada pameran di Cafex Expo yang berlangsung pada 18 - 20 April 2024 di Egypt International Exhibitions Center (EIEC), Kairo, Mesir. (Foto: KBRI Kairo)

Kairo, MINA – Produk makanan dan minuman Indonesia berhasil mencetak transaksi potensial senilai 15,68 juta dolar AS atau setara Rp253 miliar (kurs 1 USD = Rp16,184) pada tiga hari pameran di Cafex Expo yang berlangsung pada 18 – 20 April 2024 di Egypt International Exhibitions Center (EIEC), Kairo, Mesir.

“Keikutsertaan Indonesia pada pameran dagang ini sangat penting guna memperluas pangsa ekspor ke wilayah Mesir dan sekitarnya,” kata Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf melalui pesan singkat kepada MINA di Jakarta, Selasa (23/4).

Lutfi menerangkan, dalam pameran itu transaksi terbesar diraih produk biji kopi Indonesia, disusul bubuk kakao, kelapa dan turunannya dan briket arang. Katanya, pameran ini seperti reuni, tempat bertemunya kembali para pelaku impor produk-produk unggulan Indonesia.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Lutfi menekankan kepada para eksportir dan suplier Indonesia agar dapat memenuhi permintaan yang telah menjadi kesepakatan kontrak kerja sama perdagangan ekspor, sehingga diharapkan pengulangan permintaan produk di masa-masa yang akan datang.

Pameran tersebut diikuti 11 pelaku usaha Indonesia di sektor makanan dan minuman serta produk turunan agro industri.

Atase Perdagangan , M. Syahran Bhakti menerangkan produk makanan minuman RI yang dipamerkan diantaranya biji kopi spesialti, kopi robusta, kopi arabika, bubuk kakao, coklat, rumput laut, madu, briket arang batok kelapa, coco peat, tuna, kecap dan saos, rempah-rempah,mentega putih, buah mamay sapote, kerajinan tangan dan produk perlengkapan rumah tangga.

Syahran menambahkan, kesuksesan Paviliun Indonesia pada Cafex Expo 2024 merupakan hasil kerja sama antara Kemendag dengan KBRI Kairo, dan tentunya nilai transaksi diproyeksikan masih akan bertambah seiring upaya negosiasi lanjutan yang dilakukan peserta eksibitor Indonesia usai pameran berlangsung.

Baca Juga:  Banjir Longsor Kabupaten Luwu Landa 13 Kecamatan, Tujuh Wafat

Selain itu produk pakan ternak, produk kecap, saos, sambal, sirup dan gula batu, peralatan rumah tangga, briket arang, tuna kalengan, produk makanan beku masih terus dipromosikan hingga mendapatkan pembeli potensial.

Dede Muharam, selaku Ketua Dewan Bisnis Indonesia Mesir (Indonesia Egypt Bussiness Council) menyatakan akan terus bersinergi dengan KBRI Kairo dan Kementerian Perdagangan RI untuk mempromosikan produk-produk UMKM di pasar Mesir.

Selanjutnya guna mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, KBRI Kairo juga mempersembahkan tari tarian nusantara diantaranya tari Ratoh Jaroe dari Aceh, Tari Gajak Gijik dari Jakarta dan Tari Kontemporer Asmaradana untuk menghibur para pengunjung Cafex Expo 2024. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.