Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gempa Berkekuatan M 6,5 Guncang Pesisir Utara Pulau Jawa  

Insaf Muarif Gunawan - Jumat, 22 Maret 2024 - 19:23 WIB

Jumat, 22 Maret 2024 - 19:23 WIB

11 Views

Tuban, MINA – Berdaskan laman BMKG, Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 kembali mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur dan kota-kota di sekitarnya, pada Jumat (22/3) pukul 15.52 WIB sore. Adapun gempa berpusat di 130 kilometer timur laut Tuban.

“Info Gempa Mag:6.5, 22-Mar-24 15:52:58 WIB, Lok:5.76 LS, 112.33 BT (130 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:10 Km ::BMK” tulis Twitter @BMKG, demikian keterangan yang diterima MINA.

Menurut warga, gempa susulan kali ini bahkan lebih besar dibanding gempa pertama. Lantara ketakutan, warga sekitar pun berhamburan dari rumah masing-masing dan berkumpul di jalan.

 Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas II Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan mengatakan, hingga pukul 15.00 WIB setidaknya telah terjadi gempa susulan. Gempa tersebut dirasakan mulai dari Pulai Bawean, Gresik, Tuban, Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang Semarang, Yogyakarta, Banjarmasin, hingga Sampit.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Penyebab gempa, kata dia, adalah sesar lokal di Laut Jawa dengan mekanisme sumber pergerakan sesar geser (strike slip). Ia menegaskan, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap gempa susulan,” jelasnya. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health