Gerakan Nusantara Mengaji Diadakan Serentak Sabtu dan Ahad

Jakarta, 28 Rajab 1437/6 Mei 2016 (MINA) – Majelis Tahfidz dan Khataman Al-Quran akan mengadakan Gerakan Nusantara Mengaji serentak seluruh Indonesia pada 7 Mei 2016 hingga 8 Mei 2016 dengan akan mengkhatamkan pembacaan Alqur’an sebanyak 300 ribu kali.

“Nusantara mengaji akan dimulai berpusat di Alun-alun Jember, dan akan terus bersambung saut menyaut seluruh Nusantara,” kata A. Muhaimin Iskandar, Inisiator Gerakan Nusantara Mengaji saat Konferensi Pers di pendopo kediamannya di bilangan Jakarta Selatan, Jumat siang (6/5).

Ia menambahkan sekarang ini sudah tercatat ada 313.339 khataman Al-Qur’an dan jumlah khataman akan terus bertambah seiring bertambahnya peserta yang saat ini sudah terdaftar sekitar 2 juta orang di 67.813 lokasi di 401 Kabupaten seluruh Indonesia.

“Bahkan sudah ada yang konfirmasi ikut berpartisipasi melalui online, telepon, WhatsApp, BBM, dari mulai pejabat, polisi, hingga WNI yang ada di luar negeri, bahkan para napi yang ada di penjara. Jumlah total setara dengan 2.089.610 orang,” tambahnya.

Muhaimin berharap di dalam momentum Gerakan Nusantara Mengaji ini kehadirannya bisa memberi semangat semua masyarakat, sehingga memberika inspirasi dalam membaca dan menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an.

“Dengan (gerakan) ini Insya Allah kita dan Indonesia akan selalu sejarahtera. Semoga Al-Quran selalu menjadi pegangan kita dan anak-anak kita bisa menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an,” ujarnya.

Gerakan Nusantara Mengaji (GNM) adalah kegiatan menghatamkan Al-Qur’an sebanyak 300.000 kali khatam serentak se-Indonesia dalam waktu 24 jam pada 7-8 Mei 2016.

GNM diinisiatori A. Muhaimin Iskandar. GNM akan dimulai serentak pada Sabtu 7 Mei pukul 19:00 WIB/20:00 WITA/21.00 WIT di seluruh Indonesia dengan komando dari inisiator di salah satu Televisi Nasional. Peserta GNM tersebar hampir di seluruh kota se-Indonesia.

Cak Imin juga menjelaskan, jumlah 300 kali khatam Al-Qur’an dia ambil dari jumlah pengkhataman yang dilakukan Usman bin Affan semasa hidup.

Peserta GNM adalah mereka yang terdaftar di pangkalan data GNM, baik secara offline maupun online. Peserta yang berpartisipasi menjadi bagian dari khataman ini minimal membaca 1 juz Al-Qur’an sesuai kemampuan jumlah juz yg akan dibaca.

Bagi peserta yang mendaftar secara offline diharuskan berkumpul di lokasi hataman yang telah ditentukan. Sedangkan peserta yang mendaftar secara online, melalui www.nusantaramengaji.com, dapat membaca di rumah masing-masing. Pendaftar online juga diperbolehkan bergabung dengan ribuan peserta lain di lokasi hataman di kota masing-masing.

Semua peserta harus sudah membaca bagian juz masing-masing dalam waktu 24 jam, maksimal pada hari Ahad 8 Mei pukul 18:59 WIB/19:59 WITA/20:59 WIT.

Menurut informasi yang didapat MINA, enam orang Menteri Kabinet Kerja dipastikan menghadiri kegiatan Gerakan Nusantara Mengaji pada 7-8 Mei 2016.

Mereka adalah Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir dan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri.

Selain keenam menteri tersebut, Gerakan Nusantara Mengaji juga akan didukung penuh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj, Sekretaris PBNU Helmy Faisal Zaini, Penasihat Kornas Nusantara Mengaji KH Ahsin Sakho, KH Syarif Rahmat, Hj Maria Ulva, KH Usfuri Anshor dan para ulama lainnya.(L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ismet Rauf