Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Google Luncurkan Aplikasi Petunjuk Arah Kiblat

Rana Setiawan - Jumat, 16 Juni 2017 - 00:17 WIB

Jumat, 16 Juni 2017 - 00:17 WIB

460 Views

Tampilan aplikasi Qibla Finder di gadget. (Foto: IINA)

 

California, 20 Ramadhan 1438/15 Juni 2017 (MINA) – Google meluncurkan sebuah aplikasi terbaru untuk mempermudah seorang Muslim menentukkan kiblat/">arah kiblat jika berada di tempat yang baru dia kunjungi.

Aplikasi Qibla Finder yang diluncurkan bertepatan di bulan Ramadhan ini membantu netizen untuk menemukan kiblat/">arah kiblat melalui augmented reality. Google menggunakan lokasi GPS dari tempat suci dan kompas digital untuk memberi arahan dalam bentuk garis biru yang meluncur menuju arah Ka’bah.

“Ketika orang-orang Muslim mencari kiblat/">arah kiblat Muslim untuk melaksanakan ibadah (shalat), mereka sering mencari situs web atau aplikasi untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar. Menjelaskan mengapa kata “kompas” sering muncul saat kita melihat hasil pencarian berkaitan kiblat selama lima tahun terakhir,” tulis posting blog Google menurut IINA News yang dikutip MINA, Kamis 15/6.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Applikasi Qibla Finder dapat diakses melalui browser dan tersedia di semua perangkat kecuali iOS.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan sederhana. Dimulai unduh aplikasinya dan pasang di gadget Anda. Kemudian aktifkan aplikasi Qibla Finder, gerakkan kamera ponsel Anda sampai simbol Ka’bah terlihat.

“Setiap Ramadhan, kami melihat lonjakan pencarian situs web dan aplikasi yang membantu mengarahkan orang ke arah yang benar untuk menghadap Ka’bah. Tahun lalu, kami menyadari bahwa banyak yang menggunakan aplikasi yang masih terlihat seperti kompas dan itu tidak berfungsi dengan baik,” kata Najeeb Jarrar, manajer pemasaran produk Google di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Google telah meluncurkan aplikasi tersebut sebagai bagian dari layanan bulan Ramadhan di mana Google mengembangkan aplikasi, video, dan fitur menarik lainnya untuk umat Islam di seluruh dunia selama bulan suci Ramadhan ini.

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Google telah meluncurkan lebih lanjut fitur koleksi serial Ramadhan TV di Youtube Mosalsalat di bawah hub yang mencakup playlist video, vlog, tampilan resep menu berbuka, dan rangkaian web. Ada juga aplikasi spesial, termasuk tambahan notifikasi spesifik terkait Ramadhan di Google Maps, diskon di Google Play Store, permainan dan stiker khusus Ala Ramadhan yang ditawarkan oleh perusahaan pada kesempatan itu. (T/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Israel Sengaja Targetkan Aktivis Turkiye-Amerika

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Renungan Al Quran
Amerika
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia