Gubernur Anies Positif Covid-19

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam sebuah keterangan tertulis, Anies menyampaikan, dirinya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes usap (swab) yang hasilnya keluar pada Selasa (1/12) dini hari.

“Hari Senin 30 November saya kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen pada hari sebelumnya, dan ternyata malamnya saya mendapatkan kabar kalau hasilnya positif,” ujar Anies Baswedan di Jakarta, Selasa.

Anies Baswedan meminta kepada orang-orang yang belakangan ini berinteraksi dengan dirinya untuk melakukan langkah-langkah seperti tes usap PCR.

“Bagi siapa pun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini silahkan langsung hubungi puskesmas setempat untuk melakukan tes usap,” kata Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengaku bahwa dirinya saat ini dalam kondisi baik dan tidak merasakan gejala apa pun.

“Saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis. Isolasi mandiri yang saya lakukan di rumah dinas dan tinggal sendiri. Sementara keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi, yang memang selama ini kita tempati,” ucapnya.

Kendati telah dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala, Anies Baswedan mengatakan akan tetap melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya secara virtual, termasuk memimpin rapat-rapat.

“Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada gangguan di dalam proses pengambilan keputusan dan juga dalam proses pemerintah,” kata dia.

Kemudian, Anies Baswedan mengatakan bahwa unit kantor Gubernur DKI Jakarta akan ditutup, sama seperti unit kantor Wagub DKI Jakarta ditutup menyusul positifnya Ahmad Riza Patria beberapa waktu lalu.

“Kantor Gubernur dan Wagub ini terpisah dari Gedung Utama Bali Kota, dengan demikian Gedung Utama Balai Kota tetap beroperasi supaya proses pemerintahan tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Anies Baswedan meminta kepada seluruh masyarakat khususnya DKI Jakarta untuk memberikan doa terkait kesembuhan dirinya serta pihak-pihak yang dinyatakan positif Covid-19.

“Dan saya ingatkan lagi ke semua, bahwa Covid-19 ini masih ada dan bisa menghampiri siapa saja. Mari kita disiplin menggunakan masker, mari kita mencuci tangan secara rutin, mari kita menjaga jarak. Ikhtiar itu harus dilakukan untuk kita sama-sama menjaga dari risiko penularan. Semoga Allah SWT merahmati Kota Jakarta dan melindungi kita semua,” katanya. (L/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)