Gubernur DKI Jakarta Dukung Program MER-C untuk Palestina

, saat menerima audiensi Tim di Balaikota, Senin (18/12).

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menyatakan dukungannya pada program Lembaga Kemanusiaan Kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) untuk Palestina, khususnya rencana pengembangan dan penambahan dua lantai Rumah Sakit Indonesia yang terletak di wilayah yang masih berkecamuk, Jalur Gaza, Palestina.

“Ini adalah sebuah ikhtiar mulia membela perjuangan warga Palestina untuk meraih kemerdekaan. MER-C sudah menjadi wakil kita di garda terdepan hadir langsung di tanah Palestina untuk memastikan bahwa warga Palestina terjamin kesehatannya,” ujar Anies saat menerima audiensi Tim MER-C di Balaikota, Senin (18/12).

Lebih lanjut menurut Anies, ikhtiar melalui rumah sakit adalah sesuatu yang menjadi kebutuhan mendasar, apalagi di zona dimana pertempuran masih berlangsung.

“Saya ikut bangga, saya salut dan insyaAllah akan dukung terus. Kita semua perlu mendukung MER-C,” tambahnya.

Pimpinan pembangunan RS Indonesia di Jalur Gaza Palestina, Ir. Faried Thalib memaparkan, disain pengembangan RSI untuk lantai 3 dan 4 sedang difinalisasi oleh Tim Arsitek MER-C. Luas bangunan per lantai sekitar 3.000 meter persegi sehingga untuk 2 lantai luas keseluruhan akan mencapai 6.000 meter persegi.

Seperti pembangunan sebelumnya yang dilakukan oleh relawan konstruksi dari Indonesia, kali ini MER-C juga berharap dapat melakukan hal serupa.

“Kita akan mengirimkan sekitar 15-20 relawan ke Jalur Gaza, yang sudah berpengalaman untuk melakukan pembangunan lantai 3 dan 4 RSI”, terang Faried.

Tidak hanya pengembangan ruangan, untuk melengkapi RSI sebagai RS utama di Jalur Gaza bagian utara, dengan dukungan rakyat Indonesia, MER-C juga akan menambah alat-alat kesehatan berupa tempat tidur dan alat lainnya. Bahkan bila dana mencukupi, MER-C akan melengkapi RSI dengan MRI.

Dukungan dan donasi untuk Amanah Pengembangan RS Indonesia di Jalur Gaza, Palestina dapat disalurkan melalui: BCA, 686.0153678; Bank Mandiri, 124.000.8111.925; BSM, 700.1352.061; BNI Syariah, 081.119.2973; BMI, 358.000.1720; dan BRI, 033.501.0007.60308 a/n
Medical Emergency Rescue Committee.

Audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta ini diikuti oleh dr. Sarbini Abdul Murad (Presidium), dr. Joserizal Jurnalis, SpOT (Presidium), Ir. Faried Thalib (Presidium), Ir. Idrus M. Alatas (Ketua Divisi konstruksi), Drs. Ichsan Thalib (Divisi Konstruksi), Geisz Chalifah, Ir. Rizal Syarifudin (Divisi Konstruksi), Ir. Luly Larissa (Divisi Penggalangan Dana), dan Rima Manzanaris (Manajer Operasional MER-C). (R/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)