Gunung Ibu di Halmahera Barat, Meletus, Status Waspada Level 2

, MINA – Gunung Ibu yang berada di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus dengan tinggi letusan 800 meter dari puncak kawah pada Sabtu (12/1) pukul 17.12 WIT.

“Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Ibu PVMBG, tinggi letusan 800 meter dari puncak kawah. Kolom abu vulkanik condong ke arah selatan dan status waspada level 2,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan tertulis yang diterima MINA.

Sutopo mengimbau masyarakat dan pendaki untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Masyarakat belum perlu mengungsi karena berada di luar zona berbahaya. Masyarakat telah memahami letusan ini dan tidak panik. Sebab hampir setiap hari terjadi letusan Gunung Ibu,” ujar Sutopo.

Sutopo menjelaskan, sejak 3 bulan terakhir Gunung Ibu hampir setiap hari meletus. Bahkan pada Kamis (10/1) 80 kali kejadian, guguran 18 kali kejadian dan hembusan 64 kali kejadian.

“Namanya gunung api aktif meski status waspada dapat meletus setiap saat, yang penting masyarakat berada di zona aman,” jelasnya.

Sutopo juga mengimbau masyarakat hendaknya selalu menaati rekomendasi PVMBG yang terus memantau aktivitas gunung api di Indonesia.

“Karena PVMBG merupakan lembaga resmi yang berwenang memantau dan memberikan peringatan dini terkait aktivitas gunung api di Indonesia,” katanya. (R/Ais/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.