Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Insaf Muarif Gunawan Editor : Bahron Ansori - 13 detik yang lalu

13 detik yang lalu

0 Views

Padang, MINA – Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi, Ahad (15/9) siang. Letusan disertai lontaran abu vulkanik tercatat mencapai setinggi 300 meter dari puncak gunung atau sekitar 3.191 meter di atas permukaan laut.

“Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 15 September 2024 pukyl 11.56 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 300 meter di atas puncak,” kata Kepala PGA Marapi, Ahmad Rifandi, demikian keterangan yang diterima MINA.

Dalam keterangannya, erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 13 detik. “Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke ara utara dan timur laut,” lanjutnya.

Diketahui, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam ini sudah berada pada status level II (waspada) sejak Senin, 1 Juli 2024 lalu. Masyarakat dilarang memasuki dan melakukan kegiatan di wilayah radius 3 kilometer dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek).

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Selain itu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung Marapi, juga diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar dingin yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
MINA Preneur
Palestina