Guru MAN IC Batam Juara Favorit Lomba Menulis Opini 

Batam, MINA – Seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Batam, berhasil meraih Juara Favorit dalam ajang Lomba Menulis Opini dengan judul “Surat Cinta dari Guru” yang diselenggarakan Kementerian Keuangan.

Guru tersebut bernama Agus Sopian, S.Ud., pengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN IC Batam. Demikian keterangan yang diterima Jum’at, (9/10).

“Mengetahui hasil lomba yang diikuti, ia bersyukur dan tidak menyangka bisa masuk 20 besar Juara Favorit. Syukur pada Allah tentunya saya ucapkan, tidak menyangka bisa masuk kategori juara. Terutama pesertanya begitu banyak dari seluruh Indonesia,” tegasnya, di Batam, Jumat (9/10).

Kompetisi ditutup sejak 10 Agustus 2020, Lomba Menulis Opini tersebut diikuti 1.045 peserta yang berprofesi sebagai guru maupun dosen dari seluruh Indonesia.

Di samping itu, panitia menetapkan 23 peserta sebagai pemenang yang terbagi dalam dua kategori  yaitu Juara 1,2, 3, dan 20 Juara Favorit.

Ada dua tema yang diberikan panitia. Pertama, “Tetap Optimis Mendidik Anak Bangsa dengan Dukungan Pemerintah Melalui APBN.” Kedua, “Peran APBN dalam Dunia Pendidikan di Masa Pemulihan Ekonomi Nasional.”

Mengangkat judul tulisan “Surat Cinta untuk Ananda, Ayah, dan Bunda”, Agus mencoba menguraikan pentingnya rasa optimis selama belajar di rumah.

Dalam tulisannya, ia menegaskan, hakikat belajar sejatinya bisa ditempuh kapan dan di mana saja. Tak terbatas oleh keadaan, selama tekad untuk mencari ilmu telah tertanam kuat di hati.

Ia berharap bisa terus menulis untuk berbagi kebaikan.

“Mudah-mudahan bisa terus memotivasi saya untuk terus menulis, berbagi kebaikan melalui tulisan,” katanya.

Kepala MAN IC Kota Batam Rudianto mengatakan, bangga dengan jajarannya.

“Prestasi tersebut menjadi motivasi untuk terus melahirkan karya-karya inovatif lain yang berguna bagi dunia pendidikan,” harapnya.

“Alhamdulillah. Ini luar biasa dan menjadi bukti bahwa Guru Madrasah kaya dengan inovasi dan kreatifitas. Selamat kami sampaikan dan apresiasi yang tinggi kepada Guru Kami, Agus Sopian, S.Ud. Semoga dapat lebih banyak melahirkan karya-karya inovatif lain untuk dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari,” pesannya. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)