Hamas Berharap Pemilu Berlangsung Secara Transparan

Gaza, MINA – menegaskan tidak menyampaikan koreksi maupun sanggahan terhadap daftar caleg pemilu fase pertama, dalam rangkaian pemilu dewan nasional Palestina.

“Kami yakin dengan suasana transparansi dan sikap mulia sesama anak bangsa, dan menghormati semua daftar caleg, kami percaya bahwa pemilu merupakan gerbang menuju persatuan dan kerjasama, untuk menyusun agenda internal Palestina, yang diikuti semua elemen nasional,” kata Hamas dalam pernyataan resminya yang dikutip MINA, Jumat (9/4).

Pada Kamis sore kemarin, waktu koreksi terhadap daftar caleg telah berakhir, yang ditetapkan KPU Pusat Palestina.

KPU dalam keterangannya menyebutkan bahwa ada empat koreksi sampai hari Rabu sore, dan sudah diberikan respon.

Pihak KPU juga menyebutkan terus berkordinasi dengan pihak terkait, untuk membuka kantornya di Gaza, guna menerima permintaan koreksi, dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Ditegaskan bahwa setiap caleg maupun daftar pemilu berhak melakukan koreksi maupun pengaduan terkait kekeliruan sesuai syarat pencalonan, namun harus melampirkan bukti penguat seperti yang telah ditetapkan dan disediakan formnya.

Palestina bersiap menggelar pemilu dalam tiga tahapan, pemilu legislative pada 20 Mei, pemilu eksekutif pada 30 Juli dan pemilu dewan nasional pada 30 Agustus 2021.(T/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.