Hamas, Jihad Islam Akan Bertemu di Kairo Bahas Persatuan

Kairo, MINA – Delegasi dua gerakan perlawan Islam Palestina di Gaza yaitu Hamas dan akan bertemu di Kairo, Mesir pada akhir pekan ini. Pemimpin senior Jihad Islam, Khader Habib mengatakan, pertemuan antara anggota biro politik itu bertujuan untuk memperkuat persatuan.

Seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (7/6), menurut Habib, pertemuan itu dilakukan atas undangan pemerintah Mesir.

Delegasi dipimpin oleh Ismail Haniyeh untuk Hamas dan Ziyad Al-Nakhalah untuk Jihad Islam. Mereka sudah tiba di ibu kota Mesir, Sabtu (3/6) dan semuanya berbasis di luar wilayah Palestina yang diduduki.

Habib mengatakan kepada Al-Resala, delegasi Jihad Islam menekankan perlawanan sebagai satu-satunya pilihan dalam menghadapi pendudukan Israel atas tanah Palestina.

Pemimpin Jihad Islam itu mengatakan, pertemuan semacam itu menunjukkan komunikasi yang konstan antara kedua gerakan Palestina dengan tujuan membahas masalah nasional dan memperkuat persatuan antara faksi-faksi Palestina.

Dalam pernyataan terpisah, Hamas mengatakan, kedua belah pihak akan membahas berbagai masalah nasional sehubungan dengan serangan Israel di Yerusalem, Masjid Al-Aqsa dan Tepi Barat, serta pelanggaran yang dilakukan terhadap tahanan Palestina oleh otoritas Israel. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.