Hampir Semua Pemimpin Negara G20 Ucapkan Selamat kepada Presiden Jokowi

Presiden Jokowi bersama para pemimpin dunia menghadiri pembukaan KTT G-20, di Intex, Osaka, Jepang, Jumat (28/6) pagi. (Foto: Setpres)

Jakarta, MINA – Pesiden Joko Widodo mendapatkan dari hampir semua pemimpin negara dan lembaga yang hadir saat mengikuti rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di INTEX, Osaka, Jumat (28/6).

Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan mengatakan kepada Setkab, hampir semua kepala negara atau kepala pemerintahan yang bertemu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat.

Congratulation… congratulation,” ucap Andri Hadi menirukan ucapan pertama para kepala negara atau kepala pemerintahan ketika bertemu Presiden Jokowi.

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela-sela perhelatan , seperti pada saat menunggu official welcome dan family photo, maupun ketika para kepala negara atau kepala pemerintahan akan memulai Leader’s Side Event.

Para kepala negara atau kepala pemerintahan itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Selanjutnya, Presiden akan menghadiri Leader’s Side Event dengan tema “Digital Economy“. Di antara dua sesi working lunch, Presiden akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Adapun dalam sesi pertama working lunch, tema yang diangkat adalah “Digital Economy & Trade and Investment“. Sementara sesi keduanya mengangkat tema “Innovation on Digital Economy and Artificial Intelligence“.

Setelah itu, Presiden diagendakan untuk melakukan beberapa pertemuan bilateral, dan petang harinya, bersama Ibu Iriana akan menuju Osaka Geihinkan. Di tempat itu, para pemimpin negara-negara G20 akan disuguhi pertunjukan budaya dan jamuan makan malam bersama. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)