Haniyah Bertemu Delegasi Mesir di Gaza

Gaza, MINA – Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyah pada Kamis (10/11) bertemu dengan delegasi keamanan tingkat tinggi Mesir di Jalur Gaza.

Palestinian Information Centre (PIC) mengatakan, pejabat senior Palestina dari Hamas, Jihad Islam, dan Front Populer dan Demokratik untuk Pembebasan Palestina menghadiri pertemuan yang diadakan di kantor Haniyah di Gaza.

Haniyah berdiskusi dengan delegasi Mesir mengenai pembicaraan gencatan senjata yang sedang berlangsung dengan Israel, rekonsiliasi nasional Palestina, dan krisis penyeberangan Rafah.

Haniyah menjelaskan kepada delegasi tentang ancaman saat ini yang dihadapi dalam perjuangan Palestina, khususnya skema Yahudisasi Israel di Yerusalem dan perluasan permukiman ilegal yang sedang berlangsung di tanah Tepi Barat.

Dia menyerukan untuk mengakhiri blokade Israel di Jalur Gaza sesegera mungkin, dan menekankan bahwa aksi damai Great March of Return akan berlanjut sampai mencapai tujuannya.

Pemimpin Hamas menyentuh pelanggaran yang dilakukan oleh layanan keamanan Otoritas Palestina di Tepi Barat, dan mengatakan bahwa rekonsiliasi nasional hanya dapat dicapai melalui dialog komprehensif berdasarkan perjanjian 2011.

Dia mengimbau kepada Mesir untuk segera mengakhiri blokade di Gaza dan membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina di sana dengan memfasilitasi perjalanan mereka melalui perlintasan perbatasan Rafah di kedua arah.

Delegasi Mesir menegaskan, Mesir saat ini bekerja menuju kesepakatan gencatan senjata yang mapan antara Israel dan kelompok-kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

Delegasi Mesir tidak dirinci siapa saja yang hadir.

Mereka juga mengatakan, Mesir tidak akan menutupi upaya untuk membantu orang-orang Palestina di Gaza, mencatat bahwa penyeberangan Rafah akan tetap terbuka di kedua arah.

Delegasi keamanan Mesir tiba di Jalur Gaza pada hari Kamis melalui persimpangan Beit Hanoun (Erez), sebuah kunjungan yang bertepatan dengan keputusan Israel untuk memblokir transfer dana Qatar ke kantong yang dikepung.(T/R01/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)