Haniyeh Bertemu Menteri Pertahanan Malaysia

Doha, MINA – Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu di kantor gerakannya di Doha pada Selasa (21/1). Pertemuan itu membahas perkembangan masalah Palestina serta hubungan bilateral.

Haniyeh memuji dukungan Sabu untuk tujuan Palestina dan pidato yang dibuat oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Majelis Umum PBB tahun lalu, MEMO melaporkan.

Pemimpin Hamas itu juga memuji upaya yang dilakukan oleh rakyat Malaysia untuk meringankan pengepungan 13 tahun yang dilakukan oleh pendudukan Israel di Jalur Gaza.

Sejak meninggalkan Gaza melalui Mesir untuk tur internasional pada 14 Desember, Haniyeh telah bertemu dengan beberapa kepala negara yang mendukung perlawanan Palestina terhadap pendudukan Israel atas Palestina, termasuk Presiden Qatar, Turki dan Iran. Dia juga melakukan pertemuan dengan para pejabat senior Arab dan Muslim selama KTT Kuala Lumpur bulan lalu.

Hamas belum mengumumkan kapan pemimpinnya akan kembali ke Gaza, tetapi tur Haniyeh diperkirakan akan berlangsung selama beberapa bulan lagi, karena ia dijadwalkan melakukan pertemuan dengan para pejabat senior gerakan yang berbasis di luar negeri dalam persiapan untuk pemilihan internal mendatang. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)