Haniyeh: Hamas Miliki Rudal yang Dapat Menghantam Tel Aviv

Beirut, MINA – Pemimpin gerakan perlawanan , Ismail Haniyeh pada Ahad (6/9) memperingatkan bahwa organisasinya memiliki rudal yang mampu menghantam kota Tel Aviv, pusat komersial dan budaya Israel, dan daerah-daerah di luarnya.

Haniyeh mengatakannya dalam kunjungan ke Lebanon mengikuti peningkatan eskalasi dalam beberapa pekan terakhir, bagaimana kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Hamas menembakkan roket ke Israel.

Dia memberikan pidato di kamp pengungsi di Ein el-Hilweh dekat kota pelabuhan selatan Sidon.

Dia menerima sambutan sebagai seorang pahlawan oleh orang-orang bersenjata yang menggendongnya di pundak mereka.

“Rudal kami memiliki jangkauan beberapa kilometer dari perbatasan Gaza,” ujarnya.

Roket Hamas telah mencapai Tel Aviv dan sekitarnya pada putaran pertempuran sebelumnya, tetapi peluncuran semacam itu jarang terjadi dan dianggap sebagai eskalasi serius oleh Israel.

Baca Juga:  Demonstrasi Mahasiswa Bukti Lemahnya Zionis Israel

Israel dan Hamas telah berperang tiga kali dan beberapa pertempuran kecil selama 13 tahun terakhir. Tidak ada pihak yang diyakini mencari perang, tetapi setiap korban dapat memicu konflik yang lebih luas.

Dalam beberapa pekan terakhir, kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Hamas meluncurkan balon pembakar ke Israel, memicu lahan pertanian dalam upaya untuk menekan Israel agar meringankan blokade yang diberlakukan di Gaza sejak 2007.

Kelompok itu juga menembakkan roket ke Israel dalam beberapa pekan terakhir, dan dipandang sebagai peningkatan yang signifikan. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.