Harga Pinang di Aceh Anjlok

Banda , MIINA – jual kering di tingkat petani di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh sejak dua bulan terakhir yakni Rp 7.000 hingga 9.000 per kilogram. Padahhal harga jual sebelumnya mencapai Rp12.000 perkilogram, Jum’at (22/3).

Usman, mengaku dengan turunnya harga jual pinang kering sangat berimbas terhadap pendapatan petani di wilayah tersebut. Dirinya mengakui harga pinang di wilayah tersebut pernah mencapai Rp 16.000 tapi sekarang justru anjlok di harga Rp 9.000.

Diakuinya dengan harga pinang yang terus turun, dia tidak mampu lagi mencukupi penghasilan sehari-hari, apalagi pinang harus terlebih dahulu dikupas dan dikeringkan dalam jangka waktu yang lama.

“Terkadang kami mulai malas mengurus pinang yang ada di batang, itu karena harga yang tidak sesuai dengan harga, bahkan ada yang jatuh sendiri dari pohon,” tuturnya.

Sementara itu, Mustafa salah seorang pembeli pinang di Aceh Jaya menyampaikan harga pinang bervariasi dibeli dari masyarakat, jika pinang yang sudah dibelah, dibelinya dengan harga Rp 7.000 perkilogram.

“Kalau yang sudah kering Rp8.000, sedangkan pinang bulat Rp9.000 per Kg itu yang sudah kering,” ujarnya.(L/APR/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)