Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

HARGAILAH ANAK-ANAK KITA

Admin - Senin, 2 Juni 2014 - 15:30 WIB

Senin, 2 Juni 2014 - 15:30 WIB

1071 Views ㅤ

Pentingnya suatu penghargaan atau pujian kepada anak-anak kita

oleh Evie Yana Farida*

Pentingnya suatu <a href=

penghargaan atau pujian kepada anak-anak kita" width="314" height="236" /> Pentingnya suatu penghargaan atau pujian kepada anak-anak kita

Kebanyakan orangtua kurang menyadari atau tidak peka bahkan lupa tentang pentingnya suatu penghargaan atau pujian kepada anak-anak ketika mereka telah melakukan suatu pekerjaan atau perbuatan yang membanggakan.

Padahal, disadari atau tidak , pujian dan penghargaan akan membantu membangun perkembangan keyakinan diri pada anak-anak. Sekecil apapun bentuk pujian yang dilontarkan orang tua kepada anak-anak, seperti : “Wah Pandainya anak Umi” atau “Wah Pandainya anak abi”, yang menurut kita mereka hanya sekedar melakukan pekerjaan sepele atau ringan seperti menaruh sepatu di rak sepatu dengan rapih, atau membantu mengemaskan piring piring kotor setelah makan, itu sudah cukup memberi kesan yang amat positif untuk perkembangan keyakinan diri mereka kelak, karena Anak-anak sudah mulai mampu menerima dan memahami apa itu pujian dan penghargaan sejak usia dini lagi se-awal usia dua tahun.

Selain itu, penghargaan dan pujian yang diberikan orangtua juga akan membantu anak-anak dalam membina kemampuan mereka untuk membedakan mana pekerjaan yang baik dan menyenangkan dan mana pekerjaan yang kurang menyenangkan, karena pujian yang secara spontan diutarakan oleh orangtua akan mengirim pesan dan pemahaman pada pikiran anak-anak bahwa orangtua mereka suka dengan tindakan yang baru saja mereka lakukan, dan itu akan mendorong anak-anak untuk mengekalkan tindakannya sehingga pada akhirnya akan menjadi satu kebiasaan rutin yang akan dilakukan oleh anak-anak dan secara tidak langsung orangtua telah mendisiplinkan mereka juga.

Baca Juga: Lima Karakter Orang Jahil

Jadi apa salahnya dan tidak menjadi beban juga pada orang tua bila hanya sekedar mengucapkan “Terima Kasih ya sayang karena sudah bantu Umi “, setiap kali mereka menolong kita. Karena bagi mereka penghargaan itu merupakan sebuah pengiktirafan (pengakuan) besar.

Biasanya anak-anak yang selalu mendapatkan penghargaan seperti ini, mereka juga akan melakukan hal yang sama pada orang lain ketika mereka mendapat pertolongan . Kesan positif lain dari penghargaan dan pujian adalah anak-anak akan menyadari bahwa segala gerak gerik dan tingkah laku mereka sedang dan selalu diperhatikan orangtua.

Mereka akan lebih berhati-hati dalam bertingkah laku terutama apabila sedang berada di luar rumah . Ini juga merupakan salah satu sifat alami anak-anak yang selalu mendambakan kasih sayang dan mencari perhatian dari orang orang terdekat di sekitar mereka terutama orangtua dan saudara kandung.

Untuk mendapatkan semua itu mereka akan berusaha keras agar terus dipuji atau dihargai secara terus menerus. Penghargaan dan pujian juga akan mencegah anak-anak dari mempunyai perasaan merasa disisihkan . Sebagai orangtua harusnya benar benar menyadari dan peka bahwa anak-anak memang menginginkan dan mengharapkan perhatian khusus .

Baca Juga: Bulan Solidaritas Palestina (BSP) November 2024

Nah dengan pujian inilah salah satu cara bentuk perhatian pada anak-anak. Renungkanlah, jika mereka tidak mendapatkannya dengan cara yang baik dari orang tua, ada kemungkinan besar mereka akan mencoba mendapatkan perhatian dengan cara negative. Dengan memperlihatkan tindakan atau tingkah laku yang kurang menyenangkan dan bahkan terkadang menjurus sampai pada tahap yang memalukan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bertamu.

Ilmu dasar keyakinan

Perlu orangtua perhatikan dan ketahui bahwa ilmu dasar keyakinan diri mesti didapati dan di mulai dari rumah, orangtua harus vokal dalam memuji dan menghargai anak-anak, karena keyakinan diri yang ditanamkan dari dalam rumah akan membantu proses pembelajaran anak-anak di sekolah, anak-anak yang mempunyai keyakinan diri akan mampu mengatasi setiap permasalahan yang akan dihadapi di luar lingkungan rumah. Dan tidak mustahil mereka akan menjadi sebagai penyelesai masalah.

Selain memiliki prestasi baik, walau tidak semestinya dalam bidang akademik, mereka juga akan disukai oleh teman- teman dan guru-guru di sekolah. Penghargaan terhadap anak-anak juga bukan saja dalam bentuk verbal seperti yang telah diuraikan di atas .

Baca Juga: Menjadi Hamba yang Dermawan, Bagaimana Caranya?

Sesekali boleh kita berikan dalam bentuk kebendaan seperti hadiah atau makan di luar atau pergi ke tempat rekreasi yang di sukai anak-anak. Berikan mereka kebebasan untuk memilih bentuk hadiah apa yang mereka suka asalkan sesuai dengan budget keuangan kita.

Bagi orang tua yang memiliki anak-anak usia 10 tahun ke atas ,Boleh juga sesekali mengundang teman-teman mereka untuk sekedar makan siang di rumah. Dengan begitu secara tidak langsung kita telah membina hubungan baik dengan teman anak-anak dan mengetahui siapa saja teman teman mereka. Karena biasanya anak-anak hanya akan berteman dengan anak-anak lain yang mereka anggap cocok dan sesuai dengan kepribadian mereka.

Sebelum segalanya menjadi sesuatu yang tidak diinginkan orangtua , maka puji dan hargai anak -anak dengan sewajarnya dalam setiap usaha dan tindakan baik yang telah mereka lakukan walau sekecil apapun. Wallahualam Bisshawab. (T/DS/EYF/E01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Refleksi Hari Santri 2024, Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan

*Penulis yang Lahir di Tangerang, 13 Maret 1970 adalah seorang Master of Education, International Islamic University Malaysia yang menetap di Irak dan menjadi Dosen di Universitas Koya, Erbil, Iraq Utara.

Rekomendasi untuk Anda

Khadijah
MINA Health
Ekonomi