Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hari Nasional ke-94, Saudi Perkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

sajadi Editor : Widi Kusnadi - 19 detik yang lalu

19 detik yang lalu

0 Views

Jakarta, MINA – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Bin Abdullah H. Amodi menekankan pentingnya hubungan bilateral yang kuat antara RI dan Saudi, yang telah terjalin selama berabad-abad.

Hal tersebut Ia sampaikan dalam perayaan Hari Nasional ke-94 Kerajaan Arab Saudi di Jakarta, Selasa (24/9).

Acara ini dihadiri oleh para tamu undangan terhormat, termasuk pejabat pemerintah Indonesia, perwakilan dari berbagai organisasi internasional, tokoh masyarakat, dan media.

“Perayaan Hari Nasional ini merupakan momen penting bagi kami untuk memperingati sejarah panjang dan gemilang Kerajaan Arab Saudi,” ujar Duta Besar Amodi.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Hadiri Perayaan Hari Nasional Ke-94 Saudi di Jakarta

“Kami juga ingin memperkuat hubungan bilateral yang erat dengan Indonesia, yang didasarkan pada nilai-nilai persaudaraan, kerja sama, dan saling menghormati.”

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan hadir sebagai Tamu kehormatan dalam acara tersebut menyampaikan ucapan selamat atas Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke-94.

Dia berharap bahwa persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi akan terus tumbuh lebih kuat di masa depan.

“Kami berharap kedua negara terus memperluas hubungan utamanya di bidang perdagangan dan investasi, dan juga berkolaborasi di sektor-sektor seperti Umrah dan Haji, industri halal, energi berkelanjutan, ekonomi digital, infrastruktur, dan pengembangan Ibukota Nusantara,” pungkasnya.

Baca Juga: BMKG: 20 Persen Wilayah Indonesia Memasuki Musim Hujan

Hubungan perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Arab Saudi menjadi salah satu mitra perdagangan terpenting Indonesia di Timur Tengah.

Perdagangan bilateral meningkat 10,8% dalam lima tahun terakhir.

Meskipun ada ruang untuk optimalisasi volume perdagangan, kedua negara perlu terus bekerja sama untuk memaksimalkan potensi yang menguntungkan kedua negara.

Baca Juga: KPU DKI Jakarta Selenggarakan Deklarasi Pemilu Damai di Kota Tua

Negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Dewan Kerjasama Teluk (GCC) merupakan langkah penting untuk meningkatkan perdagangan dan kerja sama ekonomi.

Sementara investasi dari Arab Saudi di Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan di tahun 2023, yaitu sebesar 310% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Acara perayaan Hari Nasional ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pertunjukan musik tradisional Arab Saudi, pameran budaya, dan hidangan khas Arab Saudi.

Para tamu undangan juga berkesempatan untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahmi dengan para diplomat Arab Saudi. []

Baca Juga: Peningkatan Daya Saing Industri Didorong Melalui Halal Indo 2024

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Timur Tengah
Internasional